Home / MUKOMUKO / Tanpa Ketua, PA MM Tetap Jalan

Tanpa Ketua, PA MM Tetap Jalan

PERI/RB
RUANG SIDANG: Tampak pegawai Pengadilan Agama Mukomuko sedang merapikan ruang sidang, kemarin (8/11).

MUKOMUKO – Secara resmi Pengadilan Agama (PA) Mukomuko telah beroperasi. Meski belum ada pejabat utama, yakni Ketua PA. Untuk sementara, PA Mukomuko dipimpin Wakil Ketua PA, Syarifah Aini, S.AG, M.HI.

Kendati belum ada pejabat Ketua PA tapi jumlah 3 orang hakim cukup untuk gelar sidang. Adalah Wakil Ketua PA, dan hakim lainnya masing-masing, Hermanita Alfiah, SH, MH dan Ahmad Ridha Ibrahim, S.HI, MH.

‘’Meskipun Ketua PA belum ada, tetapi pengadilan tetap berjalan. Kan sudah ada Wakil Ketua,’’ ujar Sekretaris PA Mukomuko, Martoni Febriansyah, SHI.

PA Mukomuko terima perkara gugatan perceraian, gugatan waris, isbat nikah, hak asuh anak, masalah  harta gono gini, dan termasuk juga melayani izin poligami. ‘’Yang masih jadi keluhan sekarang belum adanya listrik. Baik di kantor maupun di rumah dinas,” keluh Martoni.

Sampai sekarang belum ada masyarakat yang mendaftarkan perkara pada PA Mukomuko. Baru sebatas datang bertanya dan berkonsultasi. Ia memastikan, tidak ada pelimpahan berkas perkara yang berdomisili di Mukomuko yakni dari PA Argamakmur ke PA Mukomuko.

Ini mengingat sudah ada kesepakatan seluruh PA, setiap berkas yang sudah didaftar di PA tersebut, maka harus dituntaskan meskipun itu telah berdiri PA baru.

“Karena sudah komitmen mana yang sudah masuk register, maka diselesaikan pada PA tempat ia mendaftar. Dan per 22 Oktober 2018, PA Argamakmur sudah tak terima berkas lagi karena waktu itu SK pembentukan PA Mukomuko sudah terbit,” terang Martoni.

Soal pembangunan gedung PA, lanjut Martoni, kini masih tunggu sertifikat lahan dari Pemkab Mukomuko. Nantinya Setelah ada sertifikat baru kemudian diajukan anggaran untuk pembangunannya.

‘’Setelah ada sertifikatnya yang sah, baru kita ajukan anggarannya. Kalau sekarang belum bisa, walaupun sudah ada hibah dari Pemkab Mukomuko,” pungkasnya.(hue)

Baca Juga ...

Penghargaan 1 Gram Emas Untuk Veteran

MUKOMUKO – Sebanyak 10 orang veteran dan janda veteran terima penghargaan berupa 1 gram emas, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.