Kamis , 13 Desember 2018
Home / BENGKULU TENGAH / BKD Data Ulang Tower Sutet

BKD Data Ulang Tower Sutet

BENTENG – Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), saat ini tengah melakukan pendataan ulang jumlah tapak tower sutet milik PLN. Sebagaimana diketahui, saat ini ada penambahan tapak tower sutet untuk wilayah Kecamatan Talang Empat, Karang Tinggi.

Kepala BKD Benteng, H. Budiman Efdy W SE, S.Up, M.Si melalui Sekretaris, Gunawan Wibisana mengungkapkan saat ini ada puluhan tapak tower sutet di Benteng dari sebelumnya yang terdata hanya 40 tapak tower.

‘’Selama memang ada koordinasi dari PLN ke BKD terkait pendirian tower suntet. Namun demikian kita tetap melakukan pengecekan di lapangan untuk didapati kejelasan mengenai luas lahan yang terpakai untuk tapak tower itu. Hal ini terkait besaran pajak yang dikenakan,” jelas Gunawan.

Penerapan penghitungan pajak untuk tapak tower sutet juga seperti tapak tower untuk jaringan telekomunikasi. Menurut Gunawan, jika melihat nilai dan jumlah tapak tower yang ada saat ini, memang bisa menjadi sumber PAD yang lumayan untuk Benteng. Di beberapa titik dalam wilayah Benteng sendiri, untuk tapak tower jaringan telekomunikasi, juga sudah mencapai 60 lebih. Hal ini harus bisa dimanfaatkan untuk menambah pemasukan PAD Benteng.

Jika dikalkulasikan pajak pertahunnya dikisaran Rp 1 juta per unit, maka uang PAD dari pajak tapak tower yang namanya adalah Pajak Bumi dan Bangunan bisa mencapai angka Rp 100 juta lebih setiap tahunnya. “Hal ini harus bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk pemasukan kas daerah,” demikian Gunawan.(vla).

 

Baca Juga ...

Patenkan Hasil IKM

BENTENG – Hasil produk usaha Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di Kabupaten Benteng, harus ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.