Selasa , 11 Desember 2018
Home / BERITA UTAMA / 13.285 Siswa Belum Jelas Ujian Perbaikan

13.285 Siswa Belum Jelas Ujian Perbaikan

RAYAKAN: Tampak pelajar SMA di Kabupaten Kepahiang yang merayakan kelulusan dengan coret-coret baju di Taman Santoso Pasar Kepahiang, kemarin petang (2/5).

BENGKULU – Sebanyak 13.285 siswa atau 54,35 persen dari total peserta Ujian Nasional (Unas) jenjang SMA/SMK/MA 24.442 siswa yang memperoleh nilai di bawah standar 55, dinyatakan tetap lulus. Sebab, nilai Unas bukan lagi sebagai penentu kelulusan.

Menurut Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs. Ade Erlangga, M.Si melalui Ketua Panitia Unas R Wadyu DP, SH, MM, M.Si, regulasi baru tetap membolehkan siswa meraih nilai di bawah 55.

‘’Boleh memang yang nilai Unas di bawah standar untuk diluluskan oleh sekolah. Penentu kelulusan juga sudah ditetapkan di POS (Prosedur Operasional Standar) Unas. Yakni siswa lulus Ujian Sekolah, Ujian Sekolah Berstandar Nasional serta memiliki nilai raport semester I-V. Selain itu memiliki perilaku selama mengikuti belajar mengajar yang baik,’’ ujar Wahyu kepada RB kemarin.

Dikatakan Wahyu, saat ini siswa yang lulus kompetensi ditandai nilai Unas di atas standar 55 mencapai 45,65 persen. Terbagi, 23,66 persen untuk jurusan IPA dan 21,96 persen jurusan IPS.  Sehingga siswa yang nilainya di atas standar berjumlah 11.157 orang.

‘’Bagi yang nilainya di bawah standar belum ada regulasi atau petunjuk melalui surat edaran bakal ada ujian nasional perbaikan. Sehingga nilai mereka dalam Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) tetap akan dituliskan sesuai hasil nilai Unas,’’ paparnya.

Menurut Wahyu, rendahnya nilai siswa terutama mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika mayoritas siswa yang ikut sistem UNKP. Namun untuk sistem UNBK juga banyak. Pihaknya menduga bahwa siswa yang kurang teliti atau tidak banyak belajar. Sebab kisi kisi soal Unas sudah bisa diakses para siswa.

‘’Untuk tingkat MA memang jauh lebih rendah nilainya dibandingkan tingkat SMA/SMK. Padahal kita juga sudah sosialisasikan walaupun Unas tidak menentukan kelulusan, siswa tetap harus belajar dan memprioritaskan nilai Unas,’’ jelasnya.

Rapor Sebulan Lagi

Diungkapkan Wahyu, setelah proses pengumuman kelulusan disampaikan, maka pihaknya akan mempersiapkan pengisian ijazah. Pihaknya menargetkan dalam waktu satu bulan ke depan sudah diselesaikan. Selain itu pihaknya juga masih akan menyelesaikan tahapa Unas SMP/MTs. Sampai pelaksanaan hari kedua tidak ada kendala. Baik yang menggunakan sistem UNBK ataupun UNKP.

‘’Kita berharap khusus SMP/MTs tidak ada masalah sampai selesai Unas pada 8 Mei mendatang. Untuk jadwal pengumumanya hasilnya disampaikan pada Juni mendatang. Kita berharap nilai untuk SMP/MTs bisa banyak yang diatas standar. Walaupun nilai Unas juga bukan penentu kelulusan,’’ pungkasnya.(che)

Baca Juga ...

Waspada Hujan Deras Seminggu ke Depan

BENGKULU– Masyarakat Bengkulu patut mewaspadai potensi banjir dan longsor. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.