Selasa , 11 Desember 2018
Home / KEPAHIANG / Ketahuan Bawa HP Dikenakan Sanksi

Ketahuan Bawa HP Dikenakan Sanksi

SOSIALISASI: Kabid Dikmen Dikbud Provinsi Bengkulu, R. Wahyu memaparkan materi sosialisasi.

KEPAHIANG – Pemberlakukan larangan membawa handphone (HP) maupun alat elektronik lainnya yang bisa merekam saat Ujian Nasional (UN) berlangsung tak hanya kepada murid. Tetapi juga diberlakukan kepada pengawas ujian.

Jika ketahuan, ada sanksi terhadap pengawas ujian yang melanggar aturan itu.

Hal ini diungkapkan Kabid Dikmen Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Bengkulu, R. Wahyu, SH, MM, M.Si saat memberikan materi sosialisasi kepada kepala sekolah dan guru di Aula Dikbud Kepahiang, kemarin (12/3).

Dalam pemaparan materi yang disampaikan, ada tiga jenis pelanggaran yang harus dihindari para guru pengawas. Yakni ringan, sedang dan berat.

Untuk pelanggaran ringan seperti lalai, tertidur, merokok, dan berbicara yang bisa menganggu konsentrasi peserta ujian, menggunakan HP, perangkat elektronik dan membawa bahan yang tidak terkait dengan UN.

“Untuk sanksi pelanggaran ringan ini dibebastugaskan sebagai pengawas ruang oleh panitia tingkat satuan pendidikan,” ujar Wahyu.

Sementara itu untuk pelanggaran sedang yakni lalai menangani gangguan pada UNBK. Sehingga menimbulkan penundaan waktu ujian diatas 30 menit dan tidak mengelem amplop Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) di ruang ujian untuk pengawas UNKP (Ujian Nasional Kertas Pensil).

“Untuk sanksinya dibebastugaskan sebagai pengawas ruang. Juga diberi sanksi oleh ketua panitia tingkat kabupaten/kota atau tingkat provinsi sesuai kewenangan,” tambahnya.

Kemudian untuk pelanggaran berat diantaranya memberi contekan, membantu peserta ujian dalam menjawab soal, menyebarkan dan bacakan kunci jawaban kepada peserta ujian, mengganti dan mengisi LJUN atau jawaban UNBK.

Selain itu lalai menangani gangguan UNBK, sehingga diharuskan pengulangan ujian, menggunakan alat komunikasi HP, kamera, dan atau perangkat elektronik yang dapat merekam gambar.

Sesuai jadwal yang disusuan, pelaksanaan UN pada 2-5 April 2018 untuk USBN SMK. Pada 9-12 April 2018 untuk USBN SMA/ MA. Tanggal 17-18 April 2018 untuk susulan SMK/SMA/ MA. Sedangkan untuk USBN SMP/MTs pada 23-26 April 2018 dan susulan USBN SMP/ MTs pada 8-9 April 2018.(zie)

Baca Juga ...

Program Kopi Sambung Menyisakan 8 Ribu Batang

KEPAHIANG – Program kopi sambung yang dilakukan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Kepahiang tahun ini, belum ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.