Home / MUKOMUKO / Waspada Hewan Ternak

Waspada Hewan Ternak

Foto Kasatlantas AKP. Dedi Kusnadi, SH.

MUKOMUKO – Arus mudik lebaran mulai terlihat di jalan lintas barat (Jalinbar) Sumatera di wilayah Kabupaten Mukomuko. Ini terlihat mulai meningkatnnya lalu lalang kendaraan. Baik dari arah Bengkulu menuju Padang, juga dari arah sebaliknya.
“Arus kendaraan mulai ada kenaikan dari biasanya sudah mencapai sekitar 25 persen, dari kesibukan lalu lintas normal,” terang Kapolres Mukomuko AKBP. Yayat Ruhiyat, S.IK melalui Kasatlantas AKP. Dedi Kusnadi, SH, Senin kemarin (11/6).
Kasatlantas mengingatkan, agar pengemudi terus waspada kondisi badan jalan yang dilalui. Sebab meskipun jalan di Kabupaten Mukomuko mulus, tapi masih ada titik yang rawan.
Ini karena ada perbedaan ketinggian antara badan jalan dengan bahu jalan. Sehingga jika tergelincir atau slip sedikit saja, dapat berakibat fatal. Dapat menyebabkan kendaraan lepas kendali dan mengalami kecelakaan.
Selain itu harus ekstra hati-hati, karena di Mukomuko masih banyak hewan ternak yang berkeliaran di bahu dan badan jalan. Lalu ada kawasan jalan yang dekat pantai, rawan dengan gelombang pasang, dan rawan tanah longsor di beberapa titik.
“Pada umumnya selama di jalan harus waspada. Cuma yang pertama kita harus bersyukur, Mukomuko jalannya lurus dan bagus. Cuma kekurangannya diantaranya antara aspal badan jalan dengan bahu jalan banyak belum seimbang,’’ papar Dedi.
Jadi diimbau para pengguna jalan dapat mematuhi aturan berlalu lintas. Pastikan sebelum mudik atau berangkat, kondisi ban kendaraan bagus, lalu rem berfungsi dengan baik serta lampu kendaraan dalam kondisi baik termasuk surat menyurat kendaraan harus dibawa.
‘’Cek ban, kelengkapan lain, rem berfungsi atau tidak, lampu, spion. Setelah mobil sudah dinyatakan aman baru berjalan,” tegas Dedi.
Lebih lanjut dikatakan menyarankan para pengemudi yang ngantuk untuk dapat beristirahat terlebih dulu. Karena disarankan, setiap empat jam mengemudi, wajib berhenti istirahat. “Manfaatkanlah Pospam dan Posyan yang ada,” demikian Dedi.(hue)

Baca Juga ...

Dahril Siap Dilantik

MUKOMUKO – Pengambilan sumpah serta janji anggota DPRD Mukomuko dalam Pergantian Antar Waktu (PAW) atas ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.