Selasa , 11 Desember 2018
Home / BENGKULU UTARA / Karyawan Pertambangan Ngaku Belum Dapat THR

Karyawan Pertambangan Ngaku Belum Dapat THR

ARGA MAKMUR – Di penghujung Ramadan, masih ada kabar tak sedap terkait pembagian Tunjangan Hari Raya (THR) pada karyawan perusahaan. Informasinya, ada karyawan di salah satu perusahaan pertambangan yang hingga kemarin (13/6) belum menerima THR.

Berdasarkan surat edaran Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) BU, THR harus dibayarkan pada seluruh karyawan dan non karyawan paling lambat satu minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri. Namun masih ada yang belum menerima THR tersebut. Salah seorang petugas keamanan perusahaan pertambangan di BU mengaku hingga kemarin belum menerima THR. Sedangkan ia sudah berstatus karyawan yang sudah tiga tahun bertugas, ia masih menunggu kapan THR akan dibayarkan yang tentunya paling lambat hari ini.

“Kalau besok (hari ini) tidak dibagikan berarti benar-benar tidak diberikan. Kami mau bertanya juga tidak berani, yang jelas sampai saat ini belum dibayarkan,” terangnya kepada RB yang meminta namanya tidak ditulis, kemarin.

Terkait hal itu, Kadis Nakertrans BU, Drs. Fahrudin meminta karyawan yang tidak menerima THR untuk melapor ke Disnakertrans dan ia memastikan akan memproses laporan tersebut. Ditegaskannya jika perusahaan tidak membayarkan THR sudah melanggar UU Ketenagakerjaan karena THR menjadi hak karyawan.

“Jadi memang harus dibayarkan sesuai dengan edaran yang sudah kita sampaikan. Jadi tidak ada alasan untuk tidak dibayarkan,” katanya.

Ia juga akan meminta laporan pembayaran THR karyawan pada seluruh perusahaan di wilayah BU. Dari sana ia meyakini akan ketahuan siapa saja perusahaan yang tidak membayarkan atau terlambat membayarkan THR. “Kalau memang ada yang tidak membayarkan hak karyawan, kita akan sanksi,” tegasnya.(qia)

Baca Juga ...

Awasi Penggunaan Dana Kelurahan

ARGA MAKMUR – Tahun ini Pemkab Bengkulu Utara (BU) mendapatkan dana kelurahan Rp 3,5 miliar. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.