Home / BENGKULU SELATAN / Kepsek Harus Kreatif

Kepsek Harus Kreatif

DIKUMPULKAN: Kepsek saat dikumpulkan di aula Dikbud BS.

KOTA MANNA – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), H. Darmin, SE, mengingatkan agar Kepala Sekolah (Kepsek) di Kabupaten BS menjadi pemimpin yang kreatif dan inovatif. Untuk kemajuan sekolah yang dipimpinnya, tidak hanya mengandalkan program dan anggaran dari pemerintah. “Kepsek sekarang ini kurang kreativitas harus kreatif dan inovatif, jangan nunggu saja program dan anggaran dari pemerintah saja. Ber

“Berdasarkan permendikbud yang baru, sekolah tidak boleh lagi memungut uang dari orangtua/wali murid apapun bentuknya. Tapi sekolah boleh menggalang sumbangan dari pihak luar, seperti misalnya melalui CSR,” kata Kadis Dikbud Kabupaten BS, H. Darmin, SE.

Permendikbud baru ini, sambungnya, sudah disosialisasikan kepada pihak sekolah. Sehingga diminta kepada pihak sekolah setelah mengikuti langsung sosialiasi tersebut tidak lagi mengambil pungutan dari orangtua/wali murid. Bila masih ditemukan sekolah memungut uang komite atau uang sumbangan lainnya dari orangtua/wali maka itu masuk kategori Pungutan Liar (pungli). “Sumbangan hanya boleh dipungut dari pihak luar bukan dari orangtua/wali murid. Kalau masih laporkan saja ke saya,” beber Darmin.

Darmin menambahkan, berdasarkan permendikbud yang baru ini juga diatur untuk keanggotaan komite sekolah. Terdiri dari 50 persen anggotanya merupakan orangtua/wali siswa yang aktif, 30 persen tokoh masyarakat, dan 20 persen tokoh agama. Sementara dari perwakilan sekolah atau guru tidak boleh lagi menjadi anggota komite sekolah. “Ini untuk antisipasi intervensi dari pihak sekolah. Sehingga keputusan komite itu murni kesepakatan orangtua/wali murid dan anggota tergabung didalamnya,” tandasnya.(key)

Baca Juga ...

Sebanyak 459 Peserta Rebut Formasi CPNS

KOTA MANNA – Sebanyak 459 peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bersaing memperebutkan formasi CPNS di ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.