Senin , 10 Desember 2018
Home / MUKOMUKO / Kapal Trawl Masih Beroperasi di Mukomuko

Kapal Trawl Masih Beroperasi di Mukomuko

MUKOMUKO–Diam-diam masih ada ratusan kapal menggunakan pukat trawl menangkap ikan. Kapal-kapal tersebut yakni sebagian besar berada di Kecamatan Teramang Jaya. Ini dikatakan Sekdis Kelautan dan Perikanan (DKP) Mukomuko Rachmad Hidayat, S.Pi.

‘’Jumlah kapalnya diperkirakan sampai 137 unit. Hingga sekarang, kapal-kapal tersebut masih beroperasi. Belum ada penggantian trawl dengan alat tangkap yang namanya ramah lingkungan,” terang Rachmad.

Instansinya sudah sering minta proposal usulan bantuan alat tangkap pengganti trawl dari nelayan di Teramang Jaya. Tapi hingga kemarin hanya sebagian kecil nelayan yang mengusulkan alat tangkap pengganti trawl.

Data yang masuk ke DKP, baru sebanyak 34 pemilik kapal dari 137 unit kapal yang ada di wilayah tersebut, yang memasukkan permohonan bantuan penggantian alat tangkap dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Jadi, masih ada sekitar 103 kapal lagi yang pemiliknya belum mengajukan. Jadi hampir dapat dipastikan, kapal-kapal tersebut gunakan pukat trawl ketika turun melaut menangkap ikan.

‘’Kami tetap masih menunggu itikad baik nelayan untuk mengganti alat tangkap dengan alat tangkap yang lebih ramah lingkungan,” tegas Rachmad.

Lebih lanjut dikatakannya, DKP Mukomuko terus berupaya membina nelayan, agar mereka bersedia menggunakan alat tangkap ramah lingkungan. Ditambahkannya, khusus untuk penertiban kapal yang memakai trawl, DKP Mukomuko akan beekoordinasi lebih lanjut dengan Polisi Air (Polair) Polres Mukomuko dan Pos TNI AL (Posal) Mukomuko.(hue)

Baca Juga ...

Obat Anti Cacing

MUKOMUKO – Sedikitnya 40 ribu anak di Kabupaten Mukomuko, sudah diberi obat anti cacing gratis. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.