Senin , 10 Desember 2018
Home / CURUP / 300 Sapi Divaksinasi

300 Sapi Divaksinasi

CURUP – Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong (RL) terus melakukan peningkatan antisipasi berkembangnya virus jembrana yang menyerang hewan ternak jenis sapi bali. Dimana di Kabupaten RL sendiri setidaknya ada 2.000 sapi bali milik peternak kelompok maupun individu yang tersebar di beberapa kecamatan.

Untuk itulah sejak awal tahun lalu, melalui Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan), dilakukan langkah antisipasi dengan turun ke lapangan melaksanakan vaksinasi jembrana. Hingga saat ini, tercatat ada 300 ekor yang sudah dilakukan vaksinasi terhadap sapi bali, yaitu di wilayah Kecamatan Curup. ‘’Jadi memang virus jembrana ini khusus hanya menyerang sapi bali saja. Tidak menyerang sapi lainnya dan asal virusnya memang dari bali,’’ terang Plt. Kabid Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan RL sekaligus Kepala Puskeswas Curup drh. Firi Hasdianto.

Dijelaskan Firi, sebenarnya langkah antisipasi lebih efektif untuk mencegah penularan virus tersebut. Yaitu dengan cara menjaga kebersihan kandang secara ketat, serta tidak membiarkan sapi berkeliaran diluar kandang. Termasuk membasi jumlah populasi dalam satu luasan tertentu pada kandang ternak.

‘’Makanya dari kita (pemerintah, red) terus meningkatkan kegiatan penyuluhan dan sosialsiasi kepada masyarakat, terutama peternak sapi bali. Untuk baksinasi sendiri, selama 2018 sudah ada 3 wilayah kecamatan dan InsyaAllah pekan depan kita kembali turun ke lapangan untuk melakukan vaksinasi jembrana ke wilayah Kecamatan Bermani Ulu dan Kecamatan Bermani Ulu Raya,’’ demikian Firi.(dtk)

Baca Juga ...

573 Peserta Siap Bersaing dalam SKB

CURUP – Jika tidak ada kendala, sebanyak 573 peserta secara bertahap, hari ini mulai mengikuti ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.