Jumat , 14 Desember 2018
Home / CURUP / Desa Tertinggal Diminta Optimalkan Realisasi DD

Desa Tertinggal Diminta Optimalkan Realisasi DD

CURUP – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Rejang Lebong (RL) meminta kepada seluruh desa yang masih tercatat sebagai desa tertinggal untuk mengoptimalkan realisasi penggunaan Dana Desa (DD) yang mereka dapatkan. Apalagi desa tertinggal mendapatkan alokasi yang lebih besar dari desa lainnya.

Seperti yang disampaikan Kepala Dinas PMD RL Gunawan Firmansyah, S.Sos kepada RB. Dimana berdasarkan data dari Kementerian Keuangan tahun 2017, ada 27 desa yang dikategorikan masih tertinggal dan sangat tertinggal. ‘’Mereka ini (desa, red) mendapatkan alokasi DD dari APBN memang lebih besar dari desa lainnya,’’ terang Gunawan.

Bahkan seluruh perangkat desa, sambung Gunawan, dari 27 desa tersebut sudah dikumpulkan minggu lalu dan mendapatkan pembinaan serta pelatihan. Ini terkait upaya agar seoptimal mungkin desa mereka bisa bergerak dan keluar dari status desa sangat tertinggal dan desa tertinggal. Pembinaan dan pelatihan bidang ekonomi tersebut diharapkan nantinya bisa menjadi modal untuk pengembangan usaha dan peningkatan ekonomi dengan memanfaatkan potensi yang ada di desa mereka masing-masing.

‘’Banyak sektor usaha yang bisa di kembangkan di masing-masing desa guna meningkatkan perekonomian warga. Seperti sektor pertanian, perikanan dan peternakan maupun industri rumah tangga lainnya. Upaya yang bisa dilakukan agar ini bisa didorong cepat, dengan membangun BUMDes dan kegiatan lainnya yang memanfaatkan ADD serta DD,’’ demikian Gunawan.(dtk)

Baca Juga ...

Datangi DPRD RL, Hanya Bertemu Sekwan

CURUP – Anggota pansus DPRD Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), kemarin melaksanakan kegiatan kunjungan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.