Jumat , 14 Desember 2018
Home / MUKOMUKO / Hasil Uji Lab Ditutupi

Hasil Uji Lab Ditutupi

MUKOMUKO – Infonya, hasil uji laboratorium atas sampel air sungai yang diduga tercemar oleh limbah pabrik CPO sudah keluar. Tapi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mukomuko drg. Robin Linton Simanjuntak, masih menutupi hasil dari pengujian laboratorium tersebut.

Robin berdalih belum bisa diungkap pada khalayak umum, karena akan dilapor lebih dulu kepada Bupati Mukomuko. Langkah ini, untuk cari solusi terbaik dalam mengatasi konflik masyarakat dengan perusahaan.

“Hasil uji lab memang sudah keluar. Tapi hasilnya akan dilaporkan dulu kepada Pak Bupati. Rencananya hari ini (kemarin) akan kita sampaikan kepada Pak Bupati,” kata Robin.

Namun Robin mengaku siap memfasilitasi warga Kecamatan Teramang Jaya, bagi yang hendak menyampaikan pengaduan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Tetapi hingga kemarin, belum ada warga yang melapor ke DLH Mukomuko.

“Kalau warga mau sampaikan laporan ke kementerian soal limbah pabrik milik PT KAS, kami siap memfasilitasinya kapanpun diinginkan,” ujar Robin.

Tapi Robin tidak bisa jamin apakah tuntutan masyarakat nanti direalisasikan atau tidak oleh perusahaan. Meski masalah itu sudah di bawa ke KLHK. Mengingat tuntutan denda adat menjadi ranahnya pihak perusahaan.

“Kalau masalah itu jadi ranahnya pihak perusahaan. Dan masalah itu silahkan perundingannya antara masyarakat dengan perusahaan,” pungkasnya.

Sementara Plt Bupati Mukomuko Haidir, S.IP, mengatakan belum menerima laporan dari DLH. Namun tanpa hasil uji lab, Pemkab Mukomuko tetap menjembatani penyelesaian antara masyarakat dengan perusahaan. “Rencananya Jumat besok. Jika tidak bisa, maka pertemuan akan kita gelar hari Sabtu,” jelas Haidir.

Haidir tidak menginginkan permasalahan hasil uji lab terjadi berlarut-larut. Karena masyarakat berharap ada kejelasan. Termasuk juga kejelasan terkait hasil uji laboratorium. “Jangan sampai tak ada kejelasan. Karena ini yang ditunggu masyarakat,” ujar Haidir.(hue)

Baca Juga ...

3 Pelajar SMP Diduga Hilang

MUKOMUKO – Ada tiga pelajar SMP di Kabupaten Mukomuko, dikabarkan hilang sejak Rabu (12/12). Tiga ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.