Jumat , 14 Desember 2018
Home / BERITA UTAMA / Polres OTT Pengurus PKBM

Polres OTT Pengurus PKBM

K

OTT: Kasat Reskrim Polres Kepahiang AKP. Yusyadi, S.IK dan jajaranya saat melakukan OTT terhadap salah seorang pengurus PKBM di Kecamatan Kepahiang, kemarin.

EPAHIANG – Salah seorang pengurus Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kecamatan Kepahiang berinisial, Yt diciduk personel Satreskrim Polres Kepahiang. Hingga berita ini dilansir tadi malam (9/8) Yt masih menjalani pemeriksaan secara tertutup di ruang penyidik.

Dari informasi didapat, penangkapan terhadap Yt terkait adanya indikasi pemotongan dana dari program Indonesia pintar (PIP). Selain mengamankan Yt, polisi juga mengamankan barang bukti lainnya seperti uang tunai yang mencapai jutaan rupiah, dokumen-dokumen. Polisi juga mengamankan seorang pria untuk dimintai keterangannya karena ditenggarai juga ikut terlibat dalam pengungkapan ini.

Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan Satreskrim di bawah komando Kasat Reskrim AKP. Yusyadi, S.IK dan Kanit Pidum Ipda. S.M. O Aritonang dan Kanit Pidum Ipda. Samsudin, SH berawal dari informasi yang diterima polisi bahwa ada indikasi pemotongan dana PIP yang diterima oleh para peserta didik yang ada di bawah naungan PKBM yang diurus Yt. Dananya yang disunat pun cukup banyak, berkisar antara Rp 500-600 per peserta. Diketahui per peserta sendiri menerima dana PIP sebesar Rp 3 juta.

Dari informasi tersebut, polisi kemudian sejak pukul 14.00 WIB  kemarin (9/8) langsung melakukan penyelidikan dengan mengintai sejak proses pencairan di salah satu bank di Kabupaten Kepahiang hingga sampai kepada indikasi pemotongan. Dalam proses pencairan kemarin sebanyak 18 peserta didik ikut dengan didampingi Yt dan seorang pria yang belum diketahui identitas tersebut.

Proses pencairan tersebut baru selesai sekitar pukul 16.30 WIB dan mereka bermaksud untuk pulang dan oleh Yt kemudian para peserta dikumpulkan di sebuah rumah toko (ruko) di Tebat Monok. Usai memotong semua dana PIP milik para peserta, seketika petugas langsung menghampiri hingga sempat membuat panik Yt dan beberapa pengurus lainnya. “Masih dugaan, sekarang kita masih melakukan pemeriksaan terhadap yang bersangkutan,” ujar Kapolres Kepahiang AKBP. Pahala Simanjuntak, S.IK melalui Kasat Reskrim AKP. Yusyadi, S.IK dikonfirmasi RB tadi malam.

 

Saat ditanyakan jumlah persis uang BB yang diamankan, sejauh ini belum bisa diungkapkan karena memang penyidik masih fokus melakukan pemeriksaan terhadap Yt. Namun demikian, Kasat Yusyadi memastikan memang indikasi adanya dugaan terhadap dana PIP untuk peserta tersebut cukup kuat. “Memang ada pemotongan dana Program Indonesia Pintar,” pungkas Kasat Yusyadi. (zie)

Baca Juga ...

Berikut Logika Hukum Soal Kasus Dugaan Suap Fee Proyek Bupati Nonaktif Dirwan Mahmud

BENGKULU– Sidang perkara suap yang mendudukkan Bupati Bengkulu Selatan (Nonaktif) Dirwan Mahmud sebagai terdakwa kembali ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.