Kamis , 13 Desember 2018
Home / METROPOLIS / Bangun Rumdin Walikota, Pemkot Usulkan Rp 3 Miliar

Bangun Rumdin Walikota, Pemkot Usulkan Rp 3 Miliar

RUMDIN BARU: Tahun 2019 mendatang, diusulkan pembamgunan Rumah dinas (rumdin) Walikota Bengkulu. Sementara rumdin yang lama akan ditempati Wawali.

BENGKULU – Rencana pembangunan rumah dinas (rumdin) untuk Walikota Bengkulu, nampaknya akan semakin terealisasi. Meski sebelumnya sempat menunda pembangunan rumah dinas (rumdis) baru untuk Walikota Bengkulu. Saat ini, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kembali mengkaji anggaran untuk pembangunan rumdin Walikota tahun 2019 mendatang.

TAPD sudah mempersiapkan anggaran sebesar Rp 30 miliar yang akan diusulkan dalam APBD 2019 mendatang. Nantinya, Gedung Balai Kota yang merupakan rumdin Walikota Bengkulu saat ini di Jalan Basuki Rahmat, akan ditempati oleh Wakil Walikota (Wawali) yang baru. Sedangkan lokasi pembangunan rumdin baru Walikota berada di kawasan kompleks Dinas Pertanian Semarang.

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan (Bapelitbang) Kota Bengkulu Drs. Riduan, MSi mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengkajian yang matang. Menurutnya memang kondisi rumdin untuk Walikota harus dibangun yang baru. Lantaran mengingat kondisi rumdin Balai Kota yang sekarang berada di Jalan Basuki Rahmat lokasinya tidak resprentatif lagi lantaran kondisi lahan parkir yang sempit serta lalu lintas yang padat di kawasan tersebut.

“Sedangkan juga kondisi rumah dinas Wakil Walikota yang berada di Padang Harapan kondisinya juga rusak parah, perlu perehaban total keseluruhan. Jadi nantinya gedung balai kota yang di Jalan Basuki Rahmat sekarang ini akan dijadikan rumah dinas Wakil Walikota (wawali),” ungkap Riduan.

Diungkapkan Riduan, lokasi pembangunan rumdin baru walikota yang berada di komplek Dinas Pertanian tersebut memiliki lahan sekitar 6 hektare milik pemkot dan 1 hektare lagi milik pemda provinsi. “Dari 6 hektare lahan milik pemkot itu, satu hektare nya lahan kering bukan tanah sawah sehingga bisa dilakukan untuk pembangunan. Termasuk juga satu hektare lagi lahan pemda provinsi itu harapan kita nanti bisa dihibahkan pemda provinsi. Dan saat ini kami akan lakukan koordinasi dengan pihak pemda provinsi berkaitan soal itu,” bebernya.

Selain itu lanjut Riduan, Rumah Dinas Wakil Walikota yang di Padang Harapan itu akan dijadikan rumah dinas unsur pimpinan DPRD kota yakni Wakil Ketua II atau Ketua DPRD kota. “Karena Wakil Ketua II sejauh ini belum ada rumah dinas. Tapi bisa juga tidak menutupkemungkinan gedung itu dimanfaatkan yang lain. Nanti tergantung mana baiknya seperti apa. Apalagi di Balai kota sekarang (jalan basuki Rahmat) kawasannya memang sudah padat, sementara ketika ada kegiatan untuk parkir kendaraan saja sudah penuh dijalanan,” paparnya.

Terpisah Koordinator Forum Pemerhati Rakyat Bengkulu (FPRB) Bayu Putra, SH menilai rencana pembangunan rumah dinas baru untuk walikota perlu dikaji secara matang. Sebab anggaran yang direncanakan untuk membangun sebesar Rp. 30 miliar tersebut lumayan besar.

“Dengan kondisi daerah saat ini, miris kita melihatnya ada pembangunan yang diperuntukkan hanya untuk membangun rumah dinas dengan anggaran yang fantastis. Sementara kebutuhan anggaran pendidikan dan kesehatan jauh lebih penting saat ini ketimbang membangun gedung yang menghabiskan anggaran besar. Jadi sebaiknya perlu dikaji lagi dengan matang,” kritik Bayu.(new)

Baca Juga ...

Tangkal Radikalisme

BENGKULU – Dalam pemberantasan ancaman radikalisme, Bhabinkamtibmas dan RT menjadi ujung tombak pendeteksi dini ancaman ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.