Kamis , 13 Desember 2018
Home / METROPOLIS / DPT Kembali Berkurang

DPT Kembali Berkurang

PLENO : Ketua KPU RL Drs. Restu S. Wibowo saat memimpin rapat pleno terbuka penetapan DPTHP pemilu 2019.

CURUP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL) kemarin sore menggelar Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) pemilu tahun 2019. Dimana dari rapat pleno terbuka tersebut diketahui jumlah DPT yang sebelumnya mencapai 199.638 menjadi 199.213 atau berkurang 425 pemilih. Rapat pleno ini sendiri dihadiri Bawaslu Kabupaten RL dan perwakilan Partai Politik (Parpol) peserta pemilu.

Dijelaskan Komisioner KPU Lusiana selesai mengikuti rapat pleno, berkurangnya jumlah mata pilih tersebut, hasil dari proses pencermatan bersama temuan DPT ganda maupun pemilih yang sebelum belum masuk dalam DPT. Dimana dari hasil rapat pleno di pusat beberapa waktu lalu, diketahui ada 349 DPT Ganda hasil pencermatan Bawaslu RI dan 12 ribu lebih DPT ganda hasil pencermatan parpol peserta pemilut 2019.

Khusus untuk pencermatan partai, terang Lusi, setelah disandingkan dengan hasil DP4 dan DPSHP Akhir, ternyata hanya ada 6 ribu DPT ganda yang ditemukan. Bahkan dari angka enam ribu tersebut, kembali berkurang setelah disandingkan dengan DPT yang ditetapkan. ‘’Setelah ditelusuri, semuanya sudah berguguran alias memang TMS selama proses mulai dari penyusunan jumlah mata pilih hingga oenetapan DPT,’’ terang Lusi.

Sedangkan, sambung Lusi, untuk hasil pencermatan Bawaslu RI juga sudah dilakukan penelusuran atau verifikasi secara faktual dengan melibatkan seluruh jajaran KPU hingga ke tingkat desa. Sekaligus berkoordinasi dengan Bawaslu jajaran di semua tingkatan. Dari hasil verifikasi faktual, kebanyakan temuan ganda antar kecamatan.

‘’Karena temuannya banyak yang ganda antar kecamatan, maka sedikit lebih mudah diketahui secara fisik yang memang tidak ada orangnya/pemilihnya, bisa langsung dihapus dari daftar DPT wilayah tersebut. Sedangkan yang dipertahankan atau tidak dihapus adalah pemilih yang memang ada di domisilinya sekarang. Dalam verifikasi faktual juga, kita menemukan pemilih yang sebelumnya tidak masuk DPT, sehingga dimasukan dalam DPT. Hasil pleno ini akan segera kita sampaikan ke pusat,’’ imbuh Lusi.(dtk)

Baca Juga ...

Tangkal Radikalisme

BENGKULU – Dalam pemberantasan ancaman radikalisme, Bhabinkamtibmas dan RT menjadi ujung tombak pendeteksi dini ancaman ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.