Jumat , 14 Desember 2018
Home / BERITA UTAMA / Ini Dia Kandidat Balon Cawagub Bengkulu Selanjutnya

Ini Dia Kandidat Balon Cawagub Bengkulu Selanjutnya

SETELAH keluarnya putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi Gubernur Bengkulu (Nonaktif), Ridwan Mukti, muncul tiga nama yang digadang-gadangkan menjadi Bakal Calon Wakil Gubernur (Cawagub). Dua dari tiga nama itu dikabarkan bakal diusulkan ke Rohidin Mersyah setelah dilantik menjadi Gubernur Bengkulu denitif.

Ketiganya adalah Ketua DPW Partai NasDem Provinsi Bengkulu, Dedy Ermansyah,  Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Bengkulu Muslihan Ds, Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu Heliardo. Kapuspen Kemendagri, Bahtiar mengatakan, untuk mengisi kekosongan kursi wakil gubernur, berdasarkan undang-undang bahwa partai pengusung pasangan Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah akan mengusulkan dua nama untuk menjadi calon wakil gubernur kepada gubernur. Kemudian dua nama disampaikan kembali oleh Gubernur ke DPRD Provinsi.

Selanjutnya dewan menggelar sidang paripurna istimewa pemilihan wakil gubernur. Akan dipilih satu nama dari dua nama yang diusulkan oleh patai pengusung tersebut. “Kalau dilakukan pemilu lagi untuk memilih wakil gubernur kan tidak mungkin. Jadi dipilih melalui sidang paripurna DPRD Provinsi,” katanya.

Namanya nanti akan diusulkan ke presiden untuk dikeluarkan SK pelantikannya sebagai wakil gubernur. Pelantikan wakil gubernur ini juga akan dilakukan di pusat ibu kota negara. “Nanti dilantiknya di Istana,” tutupnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD  Hanura Provinsi Bengkulu, Usin Abdisyah mengatakan terlalu dini membahas siapa yang akan diusulkan untuk menduduki kursi wakil gubernur. Sebab saat ini mereka juga belum mengetahui salinan putusan dari Mahakamah Agung terkait putusan kasasi Aktif Ridwan Mukti. Selain itu juga, proses pemberhentian Ridwan Mukti sebagai Gubernur Bengkulu juga belum diajukan ke presiden. Setelah semuanya selesai nanti, barulah partai pengusung akan berembuk untuk menentukan dua nama yang diajukan menjadi wakil gubernur. “Kalau sekarang terlalu dini lah bicara itu,” katanya.

Namun ketika nanti Rohidin Mersyah sudah dilantik menjadi Gubernur menggantikan Ridwan Mukti. Maka, akan dilakukan  pembahasan dengan seluruh partai pengusung saat Pilgub lalu. Yakni Partai Hanura, PKPI, PKB dan Nasdem. Seluruhnya berhak untuk menentukan dua nama yang akan diusulkan ke DPRD. Namun setelah semua proses ini berjalan, untuk kepentingan partai, maka Hanura akan mengusulkan nama Muslihan. DS untuk diusulkan menjadi wakil Gubernur Bengkulu. “Dari partai-partai lain itu juga nanti pembicaraan politik yang bisa menguraikannya,” terangnya. (del)

 

Baca Juga ...

Berikut Logika Hukum Soal Kasus Dugaan Suap Fee Proyek Bupati Nonaktif Dirwan Mahmud

BENGKULU– Sidang perkara suap yang mendudukkan Bupati Bengkulu Selatan (Nonaktif) Dirwan Mahmud sebagai terdakwa kembali ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.