Jumat , 14 Desember 2018
Home / METROPOLIS / Kembangkan Pulau Tikus, Pemkot Bakal Beli Kapal

Kembangkan Pulau Tikus, Pemkot Bakal Beli Kapal

BENGKULU – Keberadaan Pulau Tikus yang tidak pernah diperhatikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu maupun Pemerintah Provinsi terus menjadi sorotan. Bahkan Wakil Walikota (Wawali) Dedy Wahyudi, SE, MM mulai angkat bicara. Ia mengatakan, Pemkot memang ada rencana pengembangan wisata Pulau Tikus.

Salah satu yang digagas oleh Walikota H. Helmi Hasan, SE adalah rencana pembelian kapal untuk mempermudah transportasi masyarakat berkunjung kesana. “Kita memang ada rencana untuk pembelian kapal untuk alat transportasi ke Pulau Tikus. Dengan adanya kapal ini bisa mempermudah akses masyarakat ke sana. Karena selama ini masyarakat untuk kesana mencari kapal ataupun menyewa kapal milik nelayan terlebih dahulu,” terang Dedy.

Terkait berapa anggaran untuk pembelian kapal tersebut, Dedy belum bisa membeberkan berapa anggaran yang dibutuhkan. Lantaran menurutnya, masih akan dikaji bersama oleh tim anggaran pemerintah daerah (TAPD).  “Nanti berapa biaya pembelian kapal itu masih akan dibahas dan dikaji bersama. Namun yang jelas intinya pemkot akan memikirkan untuk kemajuan wisata Pulau Tikus tersebut,” tambahnya.

Selain itu menurut Dedy, dalam pengembangan kawasan wisata Pulau Tikus tersebut memang tidak bisa dilakukan secara sendiri oleh Pemkot. Sebab perlu sinergitas antara Pemkot dan Pemda Provinsi dalam pengembangannya.

“Karena kita juga perlu sinergitas dalam pengembangan asset wisata yang ada di Kota Bengkulu. Sinergitas dalam artian bisa hibah anggaran dalam pengembangan wisata yang diberikan Pemda Provinsi kepada Pemkot,” ungkapnya. Lanjut Dedy, pengembangan wisata Pantai Panjang dan Pantai Jakat juga akan dipikirkan oleh Pemkot.

Namun terkait pengelolaan Pantai Panjang sebelumnya, ia mengungkapkan bahwa Penjabat Walikota Budiman sudah menyerahkan pengelolannya kembali ke Pemda Provinsi. “Namun yang kita ketahui juga bahwa saat penyerahan suratnya itu (pengelolaan pantai panjang) juga tidak berdasarkan telaah dari bawahan dulu, dengan langsung menyampaikan ke Pemda Provinsi. Maka dari itu di pemerintahan Helmi-Dedy ini akan kita pikirkan dan kita komunikasikan kepada pak Plt Gubernur. Apalagi pak Plt Gubernur juga menyambut baik apabila ingin benar-benar menata wisata pantai tersebut,” bebernya.

Terpisah Direktur Lembaga Pengkajian Ekonomi Regional Bengkulu (LPERB), H. Muchdimon Muchlis, SE mengungkapkan, rencana pembelian kapal untuk alat transportasi ke Pulau Tikus tersebut sah-sah saja dilakukan oleh Pemkot. Namun anggaran pembelian kapal tersebut juga harus dilihat dari kemampuan APBD kota saat ini.

“Sebab untuk membeli satu unit kapal besar itu bisa menghabiskan anggaran miliaran rupiah. Maka dari itu dewan juga nantinya harus mengkaji betul apabila pemkot mengusulkan anggaran pembelian kapal itu. Karena jangan sampai nantinya ada anggaran yang dikorbankan hanya karena untuk pembelian kapal,” terang Muchdimon.(new)

Baca Juga ...

Mutasi Kepsek Akhir Tahun

BENGKULU – Sebanyak 157 pejabat fungsional dilantik dan diambil sumpahnya oleh Sekda Provinsi  Bengkulu, Nopian ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.