Jumat , 14 Desember 2018
Home / BERITA UTAMA / Soal Setiap Peserta Selaksi CPNS Berbeda

Soal Setiap Peserta Selaksi CPNS Berbeda

BENGKULU – Pendaftaran lamaran seleksi penerimaan CPNS baru akan berakhir pada 15 Oktober 2018 mendatang. Panitia Seleksi CPNS di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu masih disibukkan dengan verifikasi berkas lamaran yang dikirimkan para pelamar.

Setelah semuanya dinyatakan lulus administrasi, maka peserta akan mengikuti seleksi  tes CPNS melalui sistem Computer Assisted Tes (CAT). Disinilah, para peserta diminta menunjukkan kemampuan masing-masing dalam hal menjawab soal-soal yang telah disiapkan langsung oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) pusat. Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Dra. H. Diah Irianti, M.Si melalui Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi Kepegawaian (PPIK) BKD, Dei Natali Handy mengatakan jika soal-soal tersebut memang sudah dipersiapkan oleh BKN.

Pihaknya selaku panitia penerimaan berkas hanya menyiapkan kelengkapan administrasi saja. Karena secara teknis pelaksanaan saat tes nanti juga langsung dilakukan oleh UPT BKN mulai dari komputer maupun soal-soalnya. “BKN kan punya bank soal, mungkin ada ribuan, jadi memang meskipun dalam satu ruangan ini ada banyak peserta, namun setiap orangnya berbeda-beda soalnya,” kata Dei.

Untuk itu, kata Dei, dengan demikian maka peluang untuk berbuat kecurangan misalnya peserta saling contek mencontek tidak ada. “Misalnya pesertanya 100 orang dalam satu ruangan itu, berarti ada 100 jenis soal disana, setiap orang pasti berbeda,” tambahnya lagi.

Untuk perlengkapan komputer di UPT BKN, lanjut Dei, akan dipersiapkan 400 unit komputer guna pelaksanaan CAT para peserta seleksi CPNS ini. Dia juga menyarankan bagi peserta yang ingin lulus untuk dapat belajar menjawab kisi-kisi soal seleksi CPNS. “Kalau ingin lulus yang harus belajar agar saat tes nanti bisa menjawab semua soal dengan benar,” imbaunya.

Disisi lainnya, untuk jumlah pelamar yang sudah mendaftar di Pemprov Bengkulu sebanyak 4.322 orang yang terdiri dari 2.038 tenaga guru, 243 tenaga kesehatan, dan 2.041 tenaga teknis. Kemudian untuk pelamar disabilitas sebanyak 3 orang dan pelamar lulusan terbaik masih kosong. “Berkas masuk ke BKD sebanyak 2.548 berkas. Kemudian yang lulus verifikasi sebanyak 920 dan yang tidak lulus verifikasi sebanyak 28 orang. Dan sebanyak 1600  berkas belum di verifikasi,” demikian Dei. (zie)

Baca Juga ...

Berikut Logika Hukum Soal Kasus Dugaan Suap Fee Proyek Bupati Nonaktif Dirwan Mahmud

BENGKULU– Sidang perkara suap yang mendudukkan Bupati Bengkulu Selatan (Nonaktif) Dirwan Mahmud sebagai terdakwa kembali ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.