Kamis , 13 Desember 2018
Home / BERITA UTAMA / Telat Lagi, Dana Parpol Ditagih

Telat Lagi, Dana Parpol Ditagih

BENGKULU – Pencairan dana untuk partai politik (parpol) dari APBD Provinsi Bengkulu tahun 2018 hingga saat ini belum juga dicairkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan daerah (BPKD) untuk diberikan ke masing-masing parpol. Petinggi parpol pun menagih.

“Kalau PAN belum. Ini kan kebutuhan kita, karena dana bantuan itu untuk pembinaan. Kita sangat butuh itu. Sepanjang tidak ada masalah dan persoalan lainnya tolong segera dicairkan. Karena itu sudah dianggarkan. Kalau Spj tahun lalu sudah clear harus dicairkan,” kata Sekretris DPW PAN Provinsi Bengkulu, Parial, SH.

Parpol lainnya, PDIP juga belum menerima pencairan dana parpol seperti dikatakan Wakil Ketua DPD PDIP Provinsi Bengkulu, Helmi Paman. “Paling tidak sebelum Desember ini sudah pencairan semua. Karena kapan lagi mau buat Spj nya kalau molor terlalu lama,” ujar Helmi mempertanyakan.

Terakit hal ini, kemarin (16/11) Kepala BPKD Heru Susanto mengatakan bahwa dana parpol rencananya baru akan cair minggu depan. “SK sudah diproses, sabar, InsyaAllah minggu depan cairnya. Saya belum tahu apakah semuanya belum cair atau sudah ada yang cairn anti saya mau cek dulu. yang jelas, minggu depan InsyaAllah semuanya cair,” ujar Heru.

Ditanya apa kendalanya sehingga hampir setiap tahun pencairan dana parpol telat alias molor, kata Heru tidak ada kendala. Hanya saja, yang memakan waktu itu audit dari BPK serta menunggu surat pertanggung jawaban (Spj) dari masing-masing parpol yang telah menerima dan menggunakan dana parpol pada tahun sebelumnya.

“Tidak ada kendala, selama ini tiap tahun kan ada audit oleh BPK, ya kita menunggu itu. Memang harusnya Juni sudah kelar audit itu, baru kemudian kita bisa melakukan proses verifikasi lagi,” terangnya.

Ia menjelaskan, dalam pencairan dana parpol tersebut leading sektornya tetap di Badan Kesbangpol sedangkan dana bantuan keuangan parpol itu di BPKD. Dalam proses pencairannyha melibatkan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya termasuk salah satunya Inspektorat. “Pokoknya InsyaAllah sebentar lagi SK kami paraf, lalu naik ke Biro Hukum, pekan depan cair,” ujarnya.

Mengenai nominal besaran dana yang diterima masing-masing parpol, Heru mengaku tidak ingat karena harus melihat data dulu sementara dirinya sedang sibuk. Namun jata dia tidak berbeda jauh dari besaran dana parpol tahun-tahun sebelumnya.

Ketua DPD Demokrat, Edison Simbolon mengatakan bahwa partai demokrat sudah menerima dana bantuan parpol. “Kalau Demokrat sudah celar. Informasi yang saya dengar memang masih ada beberapa parpol yang administrasinya belum selesai sehingga akhirnya tergantung semua. Kalau demokrat sudah lama clear lama clear,” kata Edison.(tew)

Baca Juga ...

Hujan Sebentar, Kota “Terkepung” Banjir

BENGKULU- Hujan deras yang mengguyur Kota Bengkulu, sejak Rabu (12/12) sore kemarin  kembali membuat sejumlah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.