Rabu , 27 Maret 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / 300an Hektare Sawah Tidak Bisa Digarap

300an Hektare Sawah Tidak Bisa Digarap

PINO – Ratusan hektare sawah di Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) terancam tak bisa digarap. Pasalnya hamparan sawah yang menggantungkan pengairan dari saluran irigasi ini tidak dapat suplai air. Sebab saluran irigasi tidak berfungsi dengan baik. Seperti di Desa Ganjuh, Kecamatan Pino dan Ataran Jabau Desa Muara Danau, Kecamatan Seginim.

“Ada sekitar 300 hektare lebih hamparan sawah yang bergantung dengan saluran irigasi di Ganjuh dan Ataran Jabau terancam tidak bisa digarap karena masalah irigasi,” kata Kepala Dinas Pertanian (Distan) Sukarni, SP.

Menurutnya, bisa saja petani tetap menggarap lahan sawah mereka dengan mengandalkan air hujan. Bila musim hujan selesai dan curah hujan tidak menentu lahan sawah hanya akan jadi lahan tidur. Lantaran tanpa air yang cukup, sawah tidak bisa digarap. “Sawah ini menggantungkan pengairan dari sumber irigasi. Kalau irigasinya rusak dan bermasalah, akan berpengaruh sekali dengan petani,” terang Sukarni.

Plt Bupati BS Gusnan Mulyadi, SE, MM sudah turun mengecek ke lokasi bersama Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) BS Ir. Silustero. Gusnan menyimpulkan saluran irigasi Desa Ganjuh tidak berfungsi dengan baik karena ada pengalihan alur sungai. Sementara masalah saluran irigasi di Ataran Jabau Desa Muara Danau karena banyaknya dinding dan lantai siring rusak akibat usia.

“Kita sudah tinjau ke lokasi. Pemkab akan segera melakukan upaya terbaik. Sehingga saluran irigasi bisa berfungsi kembali dengan baik, dan sawah masyarakat bisa teraliri kembali,” demikian Gusnan.(key)

Berita Lainnya

Plt Bupati Gusnan Berharap Pemda Bengkulu Selatan Raih Opini WTP

KOTA MANNA – Plt. Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi SE, MM menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!