Senin , 25 Maret 2019
Home / Daerah / Lebong / Baru Dua Desa Terapkan PID

Baru Dua Desa Terapkan PID

PELABAI – Setiap pemerintah desa (pemdes) di Kabupaten Lebong dituntut kreatif dan inovatif dalam pemanfaatan Dana Desa (DD). Jadi masing-masing pemdes harus pandai membaca peluang serta potensi yang ada di desanya.

‘’Salah satunya menjalankan PID (program inovasi desa, red),’’ ujar Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (PMDS) Lebong, Eko Budi Santoso, SP, M.Eng.

Tapi dari 93 desa di Kabupaten Lebong baru 2 desa yang sudah menjalankan program Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi itu. Salah satunya, Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan yang berhasil membuat tahu dari bahan baku susu sapi. ‘’Satunya lagi Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara yang sukses membuat mesin pemutar dodol,’’ terang Eko.

Diakuin PID bisa dorong pertumbuhan ekonomi di setiap desa. Dengan tumbuhnya perekonomian desa, tentu dapat meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa. Soal inovasi yang akan dikembangkan tergantung potensi masing-masing desa. ‘’Namun inovasi yang akan dilakukan harus disepakati bersama antara kepala desa dengan unsur BPD (badan pemusyawaratan desa, red),’’ jelas Eko.

Sasaran PID lebih kepada pencapaian teknologi tepat guna. Namun dalam praktiknya masih banyak kendala yang dihadapi pemdes. Salah satunya terkendala kegiatan pendampingan desa lantaran sejauh ini belum ada Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) di Lebong.

‘’Yang jelas ke depan perlu dibentuk Posyantek yang harapannya dapat mendorong inovasi seluruh desa,’’ tukas Eko.

Sementara dari hasil evaluasi pembangunan desa semester pertama tahun ini, arah pembangunan masih didominasi pekerjaan fisik peningkatan sarana dan prasarana desa. Antara lain pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT), irigasi hingga ke pembangunan balai desa.

Masih sangat minim desa yang menganggarkan DD untuk pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia, apalagi menjalankan PID.(sca)

Berita Lainnya

Lebong Usulkan Pengadaan 7 Bus Pariwisata

PELABAI – Sebagai bentuk dukungan perwujudan Kabupaten Lebong sebagai destinasi wisata, tahun ini Pemerintah Kabupaten ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *