Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Harga Daging Melonjak

Harga Daging Melonjak

KEPAHIANG – Jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru, harga daging sapi di Kabupaten Kepahiang melonjak. Saat ini bahkan harga jual daging sapi mencapai Rp 135 ribu per kilogramnya dari harga sebelumnya Rp 100 ribu per kilogram. Kondisi ini terjadi baru dalam sepekan terakhir di Kabupaten Kepahiang.

ARIE/RB CEK HARGA: Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM turun ke Pasar Kepahiang beberapa waktu lalu mengecek harga kebutuhan pokok.

Gunawan (34) salah satu pedagang di Pasar Kepahiang mengatakan kenaikan harga daging tersebut mengalami dua kali perubahan dari harga sebelumnya Rp 100 ribu/Kg, kemudian naik menjadi Rp 120 ribu/Kg dan saat ini menjadi Rp 135 ribu/Kg.

“Dalam sepekan ini terjadi dua kali kenaikan. Kita sebagai pedagang terpaksa ikut alurnya, karena kenaikan harga sudah terjadi mulai dari produsen daging langganan kita,” jelas Gunawan.

Diduga kenaikan harga daging sapi tersebut dipengaruhi harga jual yang tinggi belakangan ini khususnya jelang hari besar keagamaan dan momen liburan. Bahkan kenaikan harga daging sapi yang terjadi saat ini diprediksi akan terus meningkat dalam beberapa hari kedepan. “Biasanya akan terus naik hingga beberapa hari sebelum Tahun Baru. Pengalaman kita beberapa tahun ini seperti itu,” kata Gunawan.

Hal senada juga diungkapkan Deri (45), pedagang daging sapi lainnya yang mengatakan harga jual sapi yang tinggi tersebut memang sudah dari para peternak sapi yang ada di sekitar Kepahiang dan Rejang Lebong. Kalau biasanya kenaikan harga disebabkan stok sedikit, namun berbeda dengan saat ini.

“Kalau stok sapi di Kepahiang masih banyak, tetapi harga jualnya yang tinggi. Hal ini jelas berpengaruh terhadap harga daging yang kami jual. Kalau kami tetap bertahan dengan harga yang lama, maka kami akan rugi,” ujar Deri.

Ditambahkan Deri, selain harga yang memang sudah ditetapkan peternak belakangan ini, kanaikan harga daging sapi juga dipengaruhi oleh menurunnya daya beli masyarakat akan daging. “Saat ini juga masyarakat yang membeli daging menurun, hal ini juga yang mempengaruhi kenaikan harga daging belakangan ini,” demikian Deri.(sly)

Berita Lainnya

IRT Asal Riau Dibekuk

KEPAHIANG – Pasca penangkapan atas tersangka pengedar dan penyalahguna narkoba jenis sabu seberat 30 gram, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!