Rabu , 22 Mei 2019
Home / Daerah / Mukomuko / PN Minta Dibangun Lapas

PN Minta Dibangun Lapas

MUKOMUKO – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Mukomuko Nur Kholis, SH, MH mendesak pihak terkait untuk segera merealisasikan pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Mukomuko. Sebab, selama PN Mukomuko beroperasi, hampir seluruh terdakwa yang menjalani proses persidangan mengeluh, kepala pusing dan beberapa keluhan lainnya.

Keluhan yang dirasakan para terdakwa itu, disebabkan jauhnya perjalanan dari Arga Makmur ke Mukomuko. “Para terdakwa ini ditahan di Lapas Arga Makmur. Ketika jadwal sidang, mereka harus dihadirkan di PN Mukomuko dengan jarak tempuh sekitar 3.00 kilometer. Wajar saja kalau mereka kondisinya tidak sehat. Banyak yang sakit kepala, mual dan yang lainnya. Ini yang saya temukan pada saat menyidangkan mereka,” sampai Nur Kholis.

Jika kondisi para terdakwa tidak sehat, maka pihaknya selaku Majelis Hakim (MH) menunda proses sidang, sebelum terdakwa ini benar-benar sehat. Jika tetap dilanjutkan, pihaknya dipastikan melanggar hak azasi manusia (HAM).  “Sebelum sidang kami tanyakan dulu. Apakah terdakwa kondisinya sehat. Kalau sehat, kita sidang. Tapi kalau tidak sehat, sidang kita batalkan,” terangnya.

Selain itu penundaan sidang akibat terdakwa sakit, jauhnya PN dengan lokasi penahanan para terdakwa, dapat menimbulkan beberapa ancaman. “Salah satunya kecelakaan lalu lintas, atau halangan lainnya di perjalanan. Ini juga menjadi permasalahan tersediri. Itulah sebabnya kami sangat berharap supaya Lapas di Mukomuko segera dibangun,” ujarnya.

Menanggapi desakan itu, Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH mengklaim telah mengajukan pembangunan Lapas ke Kementerian Hukum dan HAM sejak tahun 2017. Dan diawal tahun 2018, pihaknya kembali mengajukan lagi.

“Belum lama ini, kami juga telah bertemu langsung dengan pihak kementerian. Informasinya tahun 2019 pembangunan Lapas dimulai,” kata Bupati.(hue)

Berita Lainnya

Bupati: Hindarilah Ajakan People Power

MUKOMUKO –Menyikapi gencarnya isu gerakan people power, disikapi serius Bupati Mukomuko H Choirul Huda, SH. ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!