Kamis , 22 Agustus 2019
Home / Daerah / Kepahiang / 15 OPD Bikin Bupati Kecewa

15 OPD Bikin Bupati Kecewa

KEPAHIANG – Bupati Kepahiang DR. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM mengaku kecewa dengan kinerja 15 organisasi perangkat daerah (OPD) yang mendapatkan rapor merah lantaran serapan anggaran yang masih minim. Untuk itu Bupati memberikan warning kepada 15 OPD tersebut agar bisa mengejar programnya dalam sepekan waktu yang tersisa di tahun anggaran ini.

“Ya memang sangat kita sayangkan kinerja kesebelas OPD tersebut tahun ini tidak maksimal. Namun kita sudah panggil masing-masing kepala OPD-nya, dan kita minta agar segera mengejar ketertinggalan yang ada. Masih ada waktu sepekan terakhir ini untuk melakukan perbaikan,” tegas Bupati.

Diketahui dari hasil rapat TEPRA tersebut, ada 15 OPD yang mendapatkan rapor merah yakni ULP (50%), Dinas PUPR (55,26%), Disparpora (61,17%), Bagian Umum (65,23%), Sekretariat Kopri (66,79%), Kantor UPTD SKB (72,79%), Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (76,79%), DisperindagkopUMKM (76,33%), Disdikbud (76,41%), Kesbangpol (76,45%), DPMPTSP (78,85%), Diskominfo Persandian (78,9%), Kecamatan Merigi (79,26%), Bagian Hukum (79,4%), dan Satpol PP Damkar (79,81%).

“Jika serapan anggaran OPD rendah, tentunya akan berdampak secara kolektif pada serapan anggaran daerah. Hal yang membuat kita harus bersama-sama mengejar ketertinggalan yang ada. Untuk OPD rapor merah segera maksimalkan lagi kinerjanya. Dan untuk OPD rapor kuning dan hijau, kita minta untuk ditingkatkan lagi serapannya, termasuk OPD rapor biru,” ungkap Bupati.

Ditambahkan Bupati, sejauh ini memang belum ada sanksi bagi OPD yang mendapatkan raport merah tersebut. Karena menurutnya memang ada beberapa kendala sehingga realisasi anggaran belum terserap secara sempurna. Salah satunya masih banyak paket proyek yang masih dalam proses berjalan sehingga belum melakukan pencairan, seperti halnya yang terjadi di Dinas PUPR dan ULP Kabupaten Kepahiang saat ini.

“Memang masih ada pekerjaan yang saat ini masih proses berjalan, namun kita yakin bisa memaksimalkan di sisa waktu yang ada ini,” pungkasnya. (sly)

Berita Lainnya

UTTP Belum Berjalan

KEPAHIANG – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menegah (UKM) Kabupaten Kepahiang mengaku bahwa kegiatan ...

error: Content is protected !!