Senin , 16 Desember 2019
Home / Daerah / Kepahiang / 28 Desember, Pelantikan Kades Serentak

28 Desember, Pelantikan Kades Serentak

KEPAHIANG – Surat Keputusan (SK) Kepala Desa (Kades) hasil Pilkades Serentak di 37 Desa se Kabupaten Kepahiang pada 17 Oktober lalu, saat ini sudah ditandatangani Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayatullah Sjahid, MM.

Jika tidak ada kendala, seluruh SK Kades hasil Pilkades dipastikan selesai akhir bulan ini, untuk dipersiapkan jelang pelantikan yang rencananya akan dilakukan pada 28 Desember mendatang. Diungkapkan Asisten I Setdakab Kepahiang Burlian, SE melalui Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Kepahiang Iwan Zamzam Kurniawan, SH, SK para Kades terpilih hasil Pilkades sudah melalui telaah bagian hukum yang selanjutnya menuju meja asisten Setkab Kepahiang.

Kemudian dilakukan pengkoreksian oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kepahiang hingga akhirnya tiba di meja bupati untuk ditandatangani. “Semua SK Kades sudah ditandatangani pak bupati. Dan sejauh ini tidak ada kendala terkait rencana pelantikan yang akan dilakukan,” jelas Iwan.

Kendati telah menjadwalkan pelantikan, namun diakui Iwan ada 1 desa yakni Daspetah sepertinya akan diundur hingga Januari 2019, lantaran masa jabatan Kades  yang lama berakhir pada Januari 2019. Sehingga ketika tahun 2019 berjalan Kades terpilih sudah menjabat sebagai Kades dan siap untuk menjalankan roda pemerintahan dalam desa masing-masing.

“Kita rencanakan 28 Desember sudah dilantik dan seluruh Kades terpilih hasil Pilkades serentak beberapa waktu lalu. Sementara untuk Desa Daspetah kemungkinan besar akan dilantik pada Januari mendatang, sesuai masa bakti Kades yang sebelumnya,” bebernya.

Terkait rencana Pilkades Serentak berikutnya, Iwan mengatakan bila dilihat dari jabatan Kades yang ada di Kabupaten Kepahiang, kemungkinan tahun 2021 mendatang kembali akan dilaksanakan Pilkades serentak. “Kita lihat saja proses berjalan, kalau ditinjau dari jabatan Kades nampaknya Pilkades serentak kembali kita gelar 2021 mendatang,” demikian Iwan. (sly)

Berita Lainnya

Belajar Mengidentifikasi Alam Lewat Kemah Hijau Desa Batu Ampar,

KEPAHIANG – Sebanyak 21 tim dari Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong, Kota Bengkulu, dan Kabupaten Lubuk ...

error: Content is protected !!