Saturday , 19 January 2019
Home / Metropolis / 300 Hektare Lahan Pertanian Berkurang

300 Hektare Lahan Pertanian Berkurang

BENGKULU – Jumlah luasan lahan pertanian dalam arti luas, baik itu pertanian palawija, perkebunan dan lahan tidur di Kota Bengkulu terus berkurang. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan BPN didapati jika khusus Kota Bengkulu terjadi pengurangan jumlah lahan sekitar 300 hektare.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bengkulu, Ir. Arif Gunadi mengatakan, berdasarkan data terbaru dari BPN yang diterimanya diketahui jika lahan pertanian dalam arti luas memang mengalami pengurangan sekitar 300 hektare, jika sebelumnya luas lahan 2.400 hektare, sekarang tinggal 2.139 hektare. “Ya memang jika kita lihat dari data terbaru dari BPN ada pengurangan sekitar 300 hektare,” kata Arif.

Menurut Arif, ada beberapa penyebab berkurangnya lahan pertanian tersebut. Namun faktor terbesar yang cukup berpengaruh lantaran sudah cukup banyaknya lahan pertanian yang disulap menjadi pemukiman dan perumahaan warga. “Memang kalau kita perhatikan dengan kasat mata, memang sudah banyak yang dibangun perumahaan,” lanjutnya.

Arif mengatakan, mengenai rancangan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang dalam salah satu item dimasukkan kawasan pertanian berkelanjutan saat ini juga masih digodok. Padahal RTRW menjadikan suatu kawasan pertanian berkelanjutan tersebut cukup penting untuk mengantisipasi semakin berkurangnya lahan pertanian di Kota Bengkulu ini.

Dia berharap, agar para pemilik lahan pertanian nantinya tidak mudah melakukan alihfungsi lahan menjadi pemukiman atau perubahaan. Menurut Arif Gunadi, dengan belum adanya aturan menjadikan kawasan pertanian berkelanjutan maka alihfungsi lahan cukup sulit untuk dicegah. Seperti di kawasan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) yang lahan sawah sudah banyak yang dialihfungsikan.

“Lahan sawah kita banyak penggarap, seperti  di dendam, banyak milik orang lain, petani hanya menggarap saja,” demikian Arif.  (zie)

Berita Lainnya

Kebanjiran, Warga Ejukha Datangi BTN

BENGKULU – Sekitar 50 warga Perumahan Ejukha RT 28 RW Kelurahan Bentiring Permai, Kamis (17/1) ...