Rabu , 13 November 2019
Home / Metropolis / Anggota KPPS Minimal Ijazah SMA

Anggota KPPS Minimal Ijazah SMA

CURUP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong (RL) menyampaikan untuk perekrutan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) untuk pemilu nanti, harus minimal memiliki pendidikan setingkat SLTA sederajat. Teknisnya, nanti perangkat desa akan mengusulkan kepada PPS masing-masing desa/kelurahan untuk dilakukan seleksi.

Ini disampaikan Komisioner KPU Kabupaten RL Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM Ujang Mamang kepada RB kemarin. ‘’Benar, untuk perekrutan anggota KPPS nantinya minimal tamatan SLTA sederajat. Teknisnya usulan perangkat desa kepada KPU melalui PPS,’’ terang Ujang Maman.

Hal ini, sambung Ujang Maman, dianggap penting mengingat proses pemungutan suara dan perhitungan yang sangat jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana harus menuntut kemahiran dalam melakukan proses pemungutan yang pada hari pelaksanaan pemilu sangat memungkinkan akan terjadi selisih, baik data pemilih maupun hal lainnya.

Namun, sambung Maman, jika dari suatu desa tersebut tidak ditemukan penyelenggara yang telah menempu pendidikan minimal SLTA sederajat, tetap diberikan kelonggaran dengan catatan ada surat keterangan dari kepala desa yang menerangkan soal pengalaman sebagai penyelenggara pemilu. ‘’Kalau waktu perekrutan diperkirakan Februari dan untuk masa tugasnya mendekati hari pelaksanaan pemilu,’’ imbuh Ujang Maman.(dtk)

Berita Lainnya

CSR BNI, Gelar Pelatihan Rescue Untuk Pelaku Usaha Wisata Perahu

BENGKULU–  Untuk menciptakan wisata yang aman dan nyaman, sehingga berimbas pada peningkatan pendapatan masyarakat dibidang ...

error: Content is protected !!