Jumat , 21 Juni 2019
Home / Metropolis / Cuaca Buruk di Malam Pergantian Tahun

Cuaca Buruk di Malam Pergantian Tahun

TAUFIQ/Magang/RB
WASPADA: Hujan deras dan dan cuaca buruk diprediksi akan turun pada malam pergantian tahun baru nanti. Masyarakat diminta waspada bila berada di pantai.

BENGKULU – Tsunami secara mengejutkan menerjang wilayah pesisir Selat Sunda Sabtu (22/12) malam dan menelan 165 korban jiwa serta kerusakan materi. Kasi Informasi dan Observasi BMKG Bengkulu, Sudianto mengatakan terkait dengan tsunami yang dipicu oleh erupsi gunung anak Krakatau itu, kecil kemungkinan bisa berdampak pada pesisir Bengkulu.

Sebab posisi gunung anak Krakatau jauh dari Bengkulu.  Namun walaupun begitu warga yang berada di pesisir pantai Bengkulu diminta untuk tidak panik namun tetap berhati-hati. “Kalau dampaknya sampai ke Bengkulu masih kecil kemungkinan,” terangnya.

Dia menjelaskan, untuk malam pergantian tahun ini warga diminta untuk waspada. Apalagi merayakan malam pergantian tahun di pinggir pantai. Sebab curah hujan sepanjang Desember hingga Januari mendatang tinggi, berkisar 200-300 milimeter. Sehingga warga yang berada di daerah rendah harus waspada banjir dan didataran tinggi waspada longsor. Selain itu juga, harus mewaspadai gempa yang bisa saja terjadi.

“Harus waspada sebab curah hujan Desember-Januari ini sedang tinggi,” katanya.

Dia mengatakan, erupsi anak gunung Krakatau sejauh ini tidak berpengaruh pada aktivitas gunung Bukit Kaba di Rejang Lebong. Gunung Bukit Kaba memang merupakan gunung aktif. Namun tidak seaktif gunung anak Krakatau yang menyemburkan api. Gunung Bukit Kaba hanya memiliki larva saja. Namun untuk warga di sekitar gunung tersebut juga disarankan untuk bisa waspada. “Sebab gunung berapi bisa saja menimbulkan gempa vulkanik,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Yudi Satria mengatakan kalau Pemprov Bengkulu sudah menentukan kegiatan malam penutupan tahun. Pemprov akan menggelar pentas band indi Bengkulu dan juga band undangan. Selain itu juga akan digelar pentas doll yang akan menampilkan para pemain doll di Provinsi Bengkulu. Dia juga menjelaskan, untuk pesta kembang api tahun ini ditiadakan.

“Kita ada pentas band dan juga ada kegiatan festival dol,” katanya. Dia menjelaskan, saat ini fokus kegiatan ada di sport centre. Terkait dengan maraknya bencana yang akhir-akhir ini terjadi, mereka meminta saran lokasi mana yang bisa digunakan untuk lebih aman. “Kita bisa saja menggunakan lokasi yang lain,” terangnya.

Dinkes Siaga

Sementara itu, demi memberikan kenyamanan masyarakat Bengkulu selama libur Natal dan Tahun Baru, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu akan menyiagakan 2000 petugas medis yang tersebar di seluruh kabupaten/kota Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si mengatakan, ia telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh rumah sakit daerah, agar mempersiapkan tim medisnya saat libur natal dan tahun baru ini. “Kita telah menghimbau kepada seluruh rumah sakit daerah agar selalu siap siaga dengan tim medisnya,” terang Herwan.

Dijelaskannya, setiap kabupaten/kota akan dibuka 5 titik posko, seperti di jalur mudik, diantaranya daerah Kaur, Mukomuko hingga Lubuk Linggau. Kemudian ada posko di lokasi wisata, pelabuhan maupun bandara. Begitu juga dengan puskesmas perawatan akan buka selama 24 jam.

“Dengan kesiapan dari tim medis, harapannya masyarakat dapat cepat mendapat pelayanan kesehatan. Sehingga mengurangi risiko terjadinya korban selama perayaan natal dan tahun baru,” ungkap Herwan.(del/tek)

Berita Lainnya

23 Tahun Trayek Angkot Belum Direvisi

BENGKULU – DPRD Kota Bengkulu kembali mendesak agar Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu segera merevisi jalur ...

error: Content is protected !!