Saturday , 19 January 2019
Home / Daerah / Seluma / Hari Ini, Pejabat Inspektorat Diperiksa

Hari Ini, Pejabat Inspektorat Diperiksa

SELUMA – Tim penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Seluma, hari ini (23/12), rencananya akan memeriksa pejabat Inspektorat. Hal ini terkait dugaan suap yang dilakukan Kades Talang Rami kepada Inspektorat sebesar Rp 32 juta. Dimana uang tersebut diduga untuk menutupi hasil temuan proyek pembangunan desa yang dianggarkan dalam DD tahun 2018.

Sebelumnya, penyidik Tipikor Porles Seluma juga sudah memeriksa Kepala Desa Talang Rami, Kecamatan Seluma Utara Nasirman, berikut perangkatnya juga Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) proyek pembangunan Dana Desa (DD).

“Kita lihat saja besok (hari ini, red), siapa yang akan kita periksa. Yang jelas kita jadwalkan pemeriksaan pejabat Inspektorat,” ucap Kapolres Seluma, AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik melalui Kasat Reskrim AKP. Rizka Fadhilah, SH, S.Ik kemarin (23/12).

Dijelaskan Rizka, pemeriksaan pejabat Inspektorat ini masih berstatus sebagai saksi dugaan suap tersebut, sama seperti pemeriksaan sebelumnya terhadap kades dan perangkat Desa Talang Rami. “Kita masih mengumpulkan bahan dan keterangan. Jadi prosesnya masih panjang, untuk mengarah kepada tersangka,” kata Rizka.

Jika melihat wilayah kerja, maka di perkirakan pejabat Inspektorat Seluma yang akan di periksa adalah Inspektur Pembantu (Irban) II. Ini karena Irban II lah yang membawahi atau membidangi wilayah Kecamatan Seluma Utara, yang salah satunya adalah Desa Talang Rami.

Sementara itu Inspektur Inspektorat Seluma Ramlan Fahmi, M.Si mengatakan siapa pun yang akan di periksa oleh tim penyidik Tipikor Polres Seluma, pihaknya akan kooperatif dan memenuhi panggilan tersebut.  “Saya telah sampaikan kepada Polres Seluma, bahwa kami akan kooperatif. Semua keterangan dan informasi yang di perlukan akan kami sampaikan,” ujarnya.

Ramlan juga mengatakan dirinya berharap Polres Seluma juga dapat segera mengungkap dan mengusut perkara ini dan segera menetapkan tersangka yang terlibat. “Akibat perkara ini sangat mencoreng institusi Inspektorat Seluma, sebagai tim pengendali gratifikasi dan saber pungli. Jadi saya harap Polres Seluma segera menemukan titik terang perkara ini, agar semua jelas,” paparnya.

Hal senada juga di sampaikan Irban II Inspektorat Seluma Najamudin Muis, yang mengatakan bahwa dugaan suap tersebut hanyalah akal-akalan  kades untuk memperkaya diri menjelang akhir masa jabatannya di 31 Desember mendatang.

“Terus terang saya sangat terkejut mengetahui adanya pemberitaan dugaan suap ini. Apalagi di dalam kwitansi yang di tanda tangani kades tersebut jelas tertulis untuk setoran ke Inspektorat Seluma. Saya anggap ini pencemaran nama baik Inspektorat, nanti saya akan tuntut balik Kades Talang Rami ini,” kesal Najamudin.

Terpisah Ketua Tim Sapu Bersih Pungutan Liar ( Saber Pungli) Polres Seluma Kompol. Tigor Lubis, S.Pd, MM mengatakan akan mengusut tuntas perkara dugaan suap ini. “Mau siapa dia, saya tidak peduli. Kalau terlibat pungli harus di proses hukum. Karena yang namanya pungli harus di sikat tuntas dari Kabupaten Seluma,” tegas Tigor, yang juga menjabat sebagai Waka Polres Seluma. (aba)

Berita Lainnya

Sopir Ngantuk, Mobil ke Jurang

SELUMA – Pengalaman berharga bagi pengemudi lainnya. Sebaiknya menghentikan laju kendaraan, menepi dan beristirahat sejenak ...