Jumat , 21 Juni 2019
Home / Daerah / Seluma / Kapolres Ngojek Sawit

Kapolres Ngojek Sawit

Yayan/RB
ANGKUT SAWIT: Kapolres Seluma AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik mencoba sepeda motor yang di gunakan oleh masyarakat untuk mengangkut TBS Kelapa Sawit

SEMIDANG ALAS – Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) menjadi prioritas utama bagi Kapolres Seluma AKBP. I Nyoman Merthadana, S.Ik sejak di sertijab pada 17 Oktober lalu. Kapolres berdarah Bali ini tidak puas jika hanya memantau kamtibmas dari laporan Babinkamtibmas saja. Setiap ada waktu luang, selalu di gunakan untuk berkeliling ke desa-desa terpencil dan pedalaman untuk mengecek langsung kamtibmas di wilayah tersebut.

“Semua laporan babin saya percaya, tapi saya ingin tahu wilayah Seluma yang menjadi wilayah hukum Polres Seluma. Saya ingin mendengar sendiri tanggapan dari masyarakat,” jelas Nyoman, saat mengunjungi Desa Renah Gajah Mati 1, Kecamatan Semidang Alas (SA) kemarin (23/12).

Dijelaskan Nyoman, dengan berkunjung dan bertemu langsung dengan masyarakat, dapat diketahui latar belakang maupun kebiasaan masyarakat desa yang dikunjungi sehingga dapat ditentukan metode atau cara penanganan kamtibmas di wilayah tersebut.

“Beda tingkah laku masyarakat, beda juga cara penanganan kamtibmasnya. Jadi saat melalukan kunjungan tersebut, kita dengarkan keluhan maupun pendapat masyarakat. Dari situ kita mengetahui keadaan desa tersebut, baru kita tentukan cara penanganan kamtibmasnya,” jelas Nyoman.

Lanjutnya kamtibmas adalah kunci bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Karena jika kamtibmas terjaga masyarakat akan leluasa untuk mencari penghidupan untuk menafkahi keluarganya. “Polisi itu adalah pengayom masyarakat, jadi keberadaanya harus di rasakan oleh masyarakat,” ujarnya.

Setiap mengunjungi desa terpencil, Kapolres ingin ikut merasakan pekerjaan yang dilakukan oleh warga. Seperti saat mengunjungi Desa Renah Gajah Mati 1 ini Kapolres tak segan mencoba mengangkut TBS Kelapa Sawit dengan menggunakan sepeda motor yang telah dirakit oleh warga khusus untuk membawa TBS Sawit.

“Setiap keluhan yang di sampaikan masyarakat kita dengarkan. Namun dari beberapa desa yang saya kunjungi, keluhan mereka pasti sama yaitu akses jalan yang masih sangat buruk,” sampai Nyoman.

Selain untuk memastikan kamtibmas tetap terjaga, kunjungan Kapolres ke desa terpencil juga untuk memantau situasi dan kondisi jelang pelaksanaan Pemilu 2019. Kapolres mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga dan memprioritaskan persatuan dan kesatuan. “Kita sudah sampaikan kepada masyarakat agar tetap kompak dan solid. Beda pilihan itu biasa, namun kamtibmas harus tetap terjaga,” demikian Nyoman. (aba)

Berita Lainnya

Sekda Seluma Diperiksa Jaksa

SELUMA  – Kejari Seluma terus menggeber pengusutan lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma seluas 43 ...

error: Content is protected !!