Jumat , 26 April 2019
Home / Olahraga / Korut-Korsel Ajukan Tuan Rumah Olimpiade

Korut-Korsel Ajukan Tuan Rumah Olimpiade

SEOUL – Wacana Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) untuk mengajukan diri bersama sebagai calon tuan rumah Olimpiade 2032 mulai menapaki tahap serius. Dua perwakilan negara tersebut Jumat kemarin telah bertemu untuk membicarakan hal itu.
Dalam pertemuan di Seoul itu, kedua negara diwakili oleh wakil menteri olahraga masing-masing. Hadir untuk mewakili Korsel adalah Roh Tae-kang. Sementara dari Korut Won Kil-u.
Setelah pertemuan mereka langsung mengadakan konfrensi pers. Dalam sesi itu mereka mengumumkan bahwa kedua pihak telah menyepakati untuk pergi bersama menghadap ke Presiden IOC (Komite Olimpiade Internasional), Thomas Bach pada Februari mendatang di Lausanne, Swiss.
Kepegian mereka ke Lausanne tidak lain untuk menindaklanjuti rencana pendaftaran mereka dalam bidding tuan rumah Olimpiade 2032. “Kami sepakat melanjutkan sinergi kerjasama Utara dan Selatan melalui olahraga,” ucap wakil menteri olahraga Korsel Roh Tae-kang dilansir AFP.
Wacana Korsel dn Korut mengajukan diri bersama sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 muncul kali pertama saat pimpinan kedua negara bertemu untuk kali ketiga di Pyongyang pada September lalu. Jika keinginan kedua negara tersebut terwujud, ini bakal menjadi sejarah baru bagi hubungan diplomatik keduanya yang kerap panas-dingin pasca perang pada 1950-1053.
Kedekatan Korut dan Korsel terjalin melalui olahraga sejak Olimpiade Musim dingin yang berlangsung di Korsel Februari lalu,. Saat itu kedua negara sepakat untuk membuat tim gabungan dalam cabang olahraga hoki es putri. Delegasi kedua negara juga tampil bersama di satu barisan dalam opening ceremony.
Kerja sama berlanjut pada Asian Games di Jakarta Agustus lalu. Kedua negara juga sudah sepakat untuk kembali membentuk tim gabungan pada Olimpiade 2020 di Tokyo mendatang. Meski sampai saat ini cabang olahraganya belum ditentukan.
Sejauh ini, beberapa negara lain juga sudah secara terbuka menyatakan serius untuk mengikuti bidding Olimpiade 2032. Di antaranya adalah Australia and India.
Olimpiade 2020 sendiri berlangsung di Tokyo. Sementara Olimpiade 2024 dan 2028 akan berlangsung di Paris dan Los Angeles.(irr)

Berita Lainnya

Atlet Binaan Porpu Mendominasi

BENGKULU –Tampaknya pebulutangkis yang akan memperkuat kontingen Kota Bengkulu pada perhelatan Pekan Olahraga Pelajar (Popka) ...

error: Content is protected !!