Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Lebong / Lebong Masih Kekurangan Linmas

Lebong Masih Kekurangan Linmas

ARIS/RB
WARNA-WARNI : Seragam anggota Linmas Kabupaten Lebong baru akan dibagikan tahun 2019.

PELABAI – Kendati sudah memenuhi kebutuhan dalam pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, 728 anggota Linmas yang diangkat Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (satpol PP) Kabupaten Lebong masih sangat kurang untuk kebutuhan kabupaten. Dengan jumlah 93 desa dan 11 kelurahan, anggota Linmas yang seharusnya dilantik melalui Surat Keputusan (SK) bupati adalah 1.144 personel.
‘’Per desa/kelurahan seharusnya diangkat sebelas anggota Linmas. Sementara sampai saat ini kami baru bisa mengangkat tujuh anggota linmas per desa/kelurahan,’’ tegas Kepala Dinas Satpol PP Kabupaten Lebong, Zainal Husni Toha, SH, MM kepada RB.
Jumlah personel Linmas 11 orang per desa dan kelurahan itu sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat. Secara konsep, kepala desa juga masuk struktur Linmas. Jabatannya sebagai kepala Linmas.
‘’Bertahap, nanti akan ditambah jumlah Linmas sesuai yang diatur dalam Permendagri. Yang jelas untuk honor anggota Linmas wajib dibayarkan pemerintah desa melalui ADD (alokasi dana desa, red). Satpol PP hanya menanggung honor anggota Linmas di kelurahan,’’ ujar Zainal.
Setiap anggota Linmas juga wajib diberikan seragam. Namun teknisnya akan dilaksanakan 2019. Satpol PP sudah mengajukan dana Rp 1,4 miliar untuk pengadaan seragam 728 anggota Linmas termasuk seragam untuk 105 anggota Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PBK).
‘’Besar harapan kami usulan seragam Linmas dan PBK dapat disetujui dewan. Itu semua demi kelancaran pelayanan Dinas Satpol PP, baik dalam menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat maupun pelayanan penanggulangan kebakaran,’’ tutup Zainal. (sca)

Berita Lainnya

Segera Tetapkan Tersangka Korupsi Naskah Unas

PELABAI – Kendati sudah 2 tahun diusut, Kejaksaan Negeri (Kejari) Lebong belum juga menetapkan tersangka ...

error: Content is protected !!