Selasa , 15 Oktober 2019
Home / Daerah / Seluma / Nasib 970 Guru Honor Tak Jelas

Nasib 970 Guru Honor Tak Jelas

SELUMA – Tidak dialokasikannya anggaran untuk pembayaran guru honorer, baik dalam APBD maupun APBN tahun 2019 berdampak pada nasib 970 guru honorer, yang terancam diberhentikan. Padahal keberadaan guru honorer tersebut sangat di perlukan oleh sekolah SD/SMP yang berada dibawah naungan Dinas Pendidikan (Dispendik) Seluma.

“Jika guru honorer ini diberhentikan, akan banyak sekolah baik SD maupun SMP yang akan kekurangan guru. Karena selama ini, keberadaan guru honorer ini sangat diperlukan dalam melaksanakan KBM di sekolah,” terang Plt. Kadispendik Seluma, Mirin Ajib, SH, MH.

Menurutnya, dengan tidak ada alokasi anggaran untuk guru honor sebanyak 970 tersebut, jelas sangat berdampak bagi dunia pendidikan Seluma. “Terutama di daerah terpencil, kebanyakan guru yang mengajar adalah honorer. Karena untuk guru PNS kita masih jauh dari cukup,” kata Mirin.

Menurutnya, untuk dapat kembali memperkerjakan 970 orang guru honor tersebut jelas membutuhkan anggaran untuk gaji mereka. Karena jika mengandalkan gaji dari sekolah melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) ataupun iuran dari siswa melalui Komite jelas masih kurang dan tidak akan mencukupi.

“Kita tetap mengupayakan mereka tetap bisa membantu sekolah yang benar-benar kekurangan guru. Oleh karena itu nanti akan kita evaluasi dulu guru honor ini melalui kepala sekolah. Kita akan rekrut sesuai kemampuan sekolah, jika anggaran untuk pembayaran gaji mereka tidak kita dapatkan,” demikian Mirin. (aba)

Berita Lainnya

Rp 10 Miliar, Untuk Bangun Perpuskaan Daerah

SELUMA – Kabupaten Seluma akan segera memiliki gedung Perpuskaan Daerah (Perpusda). Ini setelah Perpustakaan Nasional ...

error: Content is protected !!