Minggu , 24 Februari 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Nelayan Benteng Libur Melaut

Nelayan Benteng Libur Melaut

FINTAH/RB
DIPARKIR: Perahu nelayan tradisional di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sejak 3 hari terakhir diparkir karena nelayan tidak melaut akibat gelombang tinggi.

BENTENG – Gelombang tinggi yang melanda perairan laut Bengkulu, menyebabkan nelayan Bengkulu Tengah (Benteng) yang berada di kawasan Kecamatan Pondok Kelapa, mulai dari Dusun Sungai Hitam Desa Pasar Pedati hingga Desa Padang Betuah tidak ada yang melaut. Gelombang tinggi tak kurang dari 3 meter sangat mengkhawatirkan para nelayan yang umumnya nelayan tradisional dengan perahu ukuran kecil.

Ketua Nelayan Sungai Hitam, Buyung Bachtiar mengatakan, nelayan tidak ada yang mau mengambil resiko. “Daripada karam karena ombak tinggi, lebih baik libur saja melautnya,” terangnya, kemarin (23/12).

Dijelaskannya, keselamatan nelayan lebih penting daripada mencari ikan. Apalagi, musim gelombang tinggi ikan juga sulit untuk keluar dan lebih banyak berada di perairan dalam. Sedangkan nelayan Benteng umumnya hanya menggunakan alat tangkap sederhana dan tidak mampu untuk menjangkau perairan dalam.

Resiko yang harus dihadapi nelayan adalah minimnya pemasukan untuk keluarga. Karena, penghasilan nelayan hanya penghasilan harian berdasarkan hasil tangkapan. “Untuk saat ini nelayan mencari pekerjaan sampingan saja selama libur melaut,” jelasnya.

Buyung tidak bisa memperkirakan sampai kapan dirinya bersama nelayan lainnya akan libur melaut. Keselamatan nelayan sangatlah penting daripada mencari ikan yang belum tentu akan ada hasilnya disaat musim gelombang tinggi.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Benteng, Tomi Marisi, M.Si meminta para nelayan untuk menghindari gelombang laut. Angin yang kencang belakangan ini sangat membahayakan untuk para nelayan. Aktivitas di lautan untuk sementara lebih baik diliburkan. “Kami mengimbau untuk keselamatan para nelayan sendiri,” demikian Tomi. (vla)

Berita Lainnya

Jalanan Licin, Strada Nyungsep, Satu Tewas Tiga Orang Terluka

BENTENG – Kecelakaan tunggal dialami mobil Mitsubishi Strada warna putih Nopol BD 9170 AK yang ...