Sabtu , 16 Februari 2019
Home / Daerah / Lebong / Nihil Laporan Sengketa Pilkades

Nihil Laporan Sengketa Pilkades

PELABAI – Proses pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang II di Kabupaten Lebong berjalan aman. Tidak ada satupun calon kepala desa (cakades) maupun tim pemenangan yang melapor ke Panitia Pilkades Kabupaten terkait sengketa hasil penghitungan suara yang telah dilaksanakan Senin (17/12). Dari berita acara yang diterbitkan 13 panitia pilkades tingkat desa, tidak ada satupun calon yang menyatakan keberatan atas hasil penghitungan suara hingga batas akhir pengajuan sengketa, Kamis (20/12).
Seluruhnya, yakni 46 cakades yang mengikuti Pilkades di 13 desa menandatangani berita acara tanpa adanya penyampaian keberatan atas hasil penghitungan. Artinya besar kemungkinan pelantikan 13 cakades terpilih di Kabupaten Lebong tidak akan menemui kendala. ‘’Jika tidak ada kendala pelantikan cakades terpilih dilaksanakan 29 Desember,’’ ujar Kabid Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas PMDS Lebong, Eko Budi Santoso, SP, M.Eng kepada RB.
Tidak dipungkirinya, dasar bagi peserta melakukan gugatan sengketa adalah menyampaikan keberatan yang oleh panitia dicantumkan dalam berita acara hasil penghitungan suara. Poin itu tetap akan menjadi pertimbangan utama bagi panitia kabupaten kepada cakades yang hendak menggugat hasil penghitungan suara. ‘’Berita acara menjadi dasar bagi kami dalam menindak lanjuti setiap laporan sengketa,’’ jelas Eko.
Sampai saat ini, PMDS masih mempersiapkan administrasi pelantikan bagi cakades terpilih. Salah satunya menyusun Surat Keputusan (SK) yang didasari oleh berita acara hasil pemungutan suara. (sca)

Berita Lainnya

Gebuk Karyawan, Rekan BTL Dibui

PELABAI –  Ringan tangan berujung penjara. Adalah Su (40) warga Desa Kampung Muara Aman, Kecamatan ...

error: Content is protected !!