Rabu , 26 Juni 2019
Home / Probis / Pacu Sales, Suzuki Tambah Outlet

Pacu Sales, Suzuki Tambah Outlet

JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memperkirakan pasar otomotif pada tahun depan stagnan atau masih sama dengan tahun ini sekitar 1,15 juta unit. Namun, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) optimistis tetap bisa mendongkrak penjualan melalui berbagai strategi yang telah disiapkan.

4W Deputy Managing Director SIS, Setiawan Surya menyatakan, Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas dan jumlah penduduk sangat besar. Itulah peluang yang besar bagi prinsipal otomotif untuk terus mengembangkan sayap bisnisnya. ’’Saat ini Suzuki punya 330 outlet di sekitar 230 kabupaten/kota yang besar-besar saja. Padahal, Indonesia punya lebih dari 500 kabupaten/kota. Masih banyak daerah yang belum kita masuki,’’ ujarnya saat berkunjung ke redaksi Jawa Pos di Jakarta.

Karena itu, Suzuki menilai kue pasar otomotif di Indonesia berpotensi terus berkembang. Asalkan, semua pihak mampu menjaga agar pertumbuhan ekonomi tetap tinggi dan situasi politik masih stabil. ’’Berdasar pengalaman 1998 atau 2008, kita yakin Indonesia bisa melewati segala tantangan, baik ekonomi maupun politik. Jadi, kalau tahun depan kondisi aman terkendali, Suzuki berencana menambah 10 outlet lagi,’’ terangnya.

Dia yakin siapa pun presiden yang terpilih pada Pemilu 2019 pasti ingin membawa kondisi yang lebih baik bagi Indonesia. Karena itu, Setiawan optimistis pasar otomotif bakal tetap tumbuh menjelang maupun setelah pemilu. Sebab, kendaraan merupakan barang yang sangat dibutuhkan masyarakat. ’’Pertimbangan untuk membeli kendaraan tidak akan banyak dipengaruhi faktor makro, tapi lebih ke mikro. Misalnya, bisa menyisihkan gaji berapa untuk bayar cicilan kendaraan,’’ katanya.

4W Marketing Director SIS Dony Saputra menilai, banyak faktor yang bisa mendorong peningkatan pasar otomotif Indonesia pada masa mendatang. Pertama, banyaknya proyek infrastruktur yang mulai rampung di berbagai daerah. Pembangunan jalan yang sangat masif mendorong pertumbuhan ekonomi di kota-kota yang dilewati. ’’Awalnya, penjualan kendaraan komersial yang naik saat pembangunan infrastruktur. Setelah proyek jadi, baru penjualan mobil dan motor yang meningkat,’’ tuturnya.

Sejak Januari hingga November 2018, Suzuki berhasil menjual 109.698 unit atau naik 7,9 persen jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Market share mencapai target double-digit, yakni 10,3 persen. Selain menambah outlet, Suzuki meluncurkan produk-produk baru pada tahun depan. Dengan begitu, masyarakat tidak merasa bosan dan memiliki pilihan-pilihan baru. “Kami harus terus melakukan penyegaran produk. Tahun depan kami luncurkan dua produk,” jelasnya.(wir/c14/oki)

Berita Lainnya

Penjualan dan Pangsa Pasar Ritel Daihatsu Naik

JAKARTA – Daihatsu kembali merilis data pencapaian penjualannya. Tercatat pada Mei 2019, total angka retail ...

error: Content is protected !!