Rabu , 27 Maret 2019
Home / Daerah / Mukomuko / Pembangunan RPH Ipuh Dibatalkan

Pembangunan RPH Ipuh Dibatalkan

MUKOMUKO –Rencana pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH) di Kecamatan Ipuh tahun 2019, batal. Karena, pengajuan anggaran sebesar Rp 500 juta untuk kegiatan itu, tidak diakomodir pada APBD Kabupaten Mukomuko Tahun Anggaran 2018.

Ironisnya, anggaran yang muncul hanya Rp 50 juta. Maka dipastikan dana tersebut tidak cukup untuk pembangunan RPH. “Sementara lokasi sudah kita siapkan. Tepatnya di samping Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ipuh,” kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Mukomuko Warsiman.

Dikatakannya RPH di Ipuh sangat penting dan harus ada. Pasalnya, hingga sekarang para pedagang daging di Ipuh dan sekitar kesulitan saat akan memotongkan ternaknya. ‘’RPH yang ada sekarang baru 1, yakni di Padang Panaek Desa Pasar Sebelah Kecamatan Kota Mukomuko. Jadi tidak mungkinlah pedagang Ipuh datang ke Pasar Sebelah hanya untuk motong ternaknya,” ujar Warsiman.

Padahal, kata Warsiman, kalau pun anggaran Rp 500 juta diakomodir, belum tentu bisa siapkan RPH tersebut siap dimanfaatkan. Ini karena masih harus dilengkapi dengan peralatan potong dan lainnya.

“Dana sebesar itu baru untuk gedung saja. Kalau dengan kelengkapan lainnya, sekitar Rp 1 miliar. Makanya kita ajukan bertahap agar tidak terlalu membebani. Ternyata tidak terakomodir,” kata Warsiman dengan nada kecewa.

Terkait dana Rp 50 juta itu, Warsiman menyebutkan akan digunakan untuk rehab RPH di Padang Panaek. Ini karena atap bangunan RPH sudah banyak yang rusak karena usia. Selain atap, lantai serta dinding bangunan juga banyak pecah dah harus direnovasi supaya bagus.

‘’Karena anggaran yang muncul di DAK hanya sebesar Rp 50 juta, maka kebijakan pemerintah itu digunakan untuk rehab RPH di Padang Panaek,” demikian Warsiman.(hue)

Berita Lainnya

Aktivitas Karaoke dan Panti Pijat Dibatasi

MUKOMUKO – Mediasi antara pengusaha pemlik usaha karaoke dan panti pijat, berhasil digelar. Dimediasi oleh ...

error: Content is protected !!