Sabtu , 20 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Pensiunan Eks Koruptor Disanksi

Pensiunan Eks Koruptor Disanksi

ARGA MAKMUR – Pemberian sanksi Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) pada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masih bertugas dan berstatus mantan narapidana kasus korupsi tidak hanya pada ASN yang masih aktif. Bahkan, mereka yang berstatus mantan koruptor dan sudah memasuki masa pensiun juga tetap akan diberikan sanksi.

Mereka yang masih bertugas akan diberikan sanksi PTDH yang berarti langsung diberhentikan dan tidak lagi mendapatkan uang pensiun. Sedangkan mereka yang sudah pensiun terhitung 1 Januari akan diberhentikan uang pensiunnya.

Setidaknya ada dua mantan ASN di Bengkulu Utara (BU) berstatus mantan koruptor dan kini sudah memasuki masa pensiun. Sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) MenPAN-RB, Mendagri dan  Kepala BKN, mereka juga tetap mendapatkan sanksi.

Sekda BU, Dr. Haryadi, MM, M.Si menuturkan, jika Pemkab BU masih menunggu data ASN eks narapidana korupsi yang akan diberikan sanksi tersebut, termasuk mereka yang pensiun. Dari data tersebut nantinya akan diterbitkan SK PTDH.

“Kita mengikuti aturan yang sudah ada dan berlaku di seluruh daerah. Namun memang semuanya harus tepat, makanya kita menunggu data pasti,” terang Sekda, kemarin (23/12).

Ia menuturkan, jika SK PTDH yang akan diterbitkan tersebut hanya turunan dari SKB tiga menteri tersebut. Pasalnya, terhitung 1 Januari mereka yang tercatat sebagai eks narapidana korupsi di BKN akan langsung dicoret namanya dan tidak lagi mendapatkan haknya sebagai ASN.

“Jadi sudah otomatis dilaksanakan karena memang nama itu dari pusat sudah dicoret. Sehingga hak-haknya juga sudah dihentikan,” pungkas Sekda. (qia)

Berita Lainnya

Dugaan Korupsi DAK Pendidikan di Meja Pidsus

ARGA MAKMUR – Setelah sebulan dilaporkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Utara (BU), kini pengusutan ...

error: Content is protected !!