Wednesday , 23 January 2019
Home / Daerah / Lebong / Polres Kerahkan Dua Pertiga Kekuatan

Polres Kerahkan Dua Pertiga Kekuatan

PELABAI – Menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Polres Lebong siap mengerahkan 2/3 kekuatan atau 190 personel untuk pengamanan. Jumlah sudah termasuk personel yang bertugas mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS), pengamanan di sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebong. Sekaligus pengamanan logistik pemilu.
Dengan jumlah kekuatan itu, diharap pelaksanaan Pileg dan Pilpres di Kabupaten Lebong dapat berjalan aman dan damai. Namun tanpa adanya peran masyarakat, sulit menciptakan pemilu yang aman. ‘’Ingat pemilu adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya KPU apalagi Polres,’’ kata Kapolres Lebong, AKBP. Andree Ghama Putra, SH, S.IK melalui Kabag Ops, AKP. Yosril Radiansyah, SH.
Jumlah kekuatan itu belum termasuk struktur operasi. Dipastikannya jumlah personel yang disiagakan bisa bertambah tergantung kebutuhan. Bahkan pengamanan Pileg dan Pilpres 2019 di Lebong akan dibantu Satuan Brimobda Bengkulu. ‘’Intinya untuk pengamanan, kami dari Polres seratus persen siap menjalankan tugas menjaga segala bentuk kericuhan yang dapat mengganggu jalannya pemilu,’’ tukas Yosril.
Tidak dipungkirinya, Polres Lebong akan melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan TPS. Teknisnya dibagi 3 kriteria. Meliputi TPS aman, TPS rawan 1 dan TPS rawan 2. Sebutan TPS aman ditujukan kepada TPS yang lokasinya tidak ada potensi konflik sesuai pengalaman pemilu sebelumnya. ‘’TPS juga dikatakan aman kalau lokasinya mudah ditempuh kendaraan roda dua maupun roda empat,’’ ungkap Yosril. (sca)

Berita Lainnya

25 Dam Parit, Diduga Asal Jadi

PELABAI – Pelaksanaan pembangunan 21 DAM parit dan 4 embung proyek Program Percepatan Peningkatan Tata ...