Senin , 21 Oktober 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Rumah Korban Kebakaran Dibangun

Rumah Korban Kebakaran Dibangun

FINTAH/RB
DIPARKIR: Perahu nelayan tradisional di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) sejak 3 hari terakhir diparkir karena nelayan tidak melaut akibat gelombang tinggi.

BENTENG – Dengan bekal sumbangan dari berbagai pihak, sebanyak 8 rumah korban kebakaran di Desa Bang Haji dan Sekayun Kecamatan bang Haji mulai dibangun. “Kami mengerjakannya secara swadaya,” ujar Kepala Desa Bang Haji, Kasman Sori, kemarin (23/12).

Dijelaskannya, sumbangan dari berbagai pihak selama ini mulai dari pakaian, bahan makanan hingga material sudah mampu untuk membangun rumah selayaknya bisa dihuni oleh korban kebakaran. Bahkan rumah warga yang sengaja dirusak untuk memutus mata rantai api meluas lebih jauh lagi, juga telah ikut diperbaiki.

“Untuk ukuran rumah semuanya sama yakni 4×6 per unit untuk setiap korban kebakaran yang rumahnya hangus terbakar. Sementara untuk yang dirusak diperbaiki sesaui dengan kerusakannya,” jelasnya.

Rumah yang dibangun juga belum permanen atau selesai. Sementara ini berdasarkan hasil sumbangan berbagai pihak, rumah sudah bisa dibuat dengan dinding bata dan atap seng. Sementara lantainya juga telah dibuat pengerasan supaya penghuninya lebih nyaman.

“Meskipun ukurannya kecil, korban kebakaran sudah bisa menempati rumah sendiri dan tidak ditampung oleh warga lagi,” katanya.

Kasman mewakili seluruh warga juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik itu pemerintah dan kalangan swasta hingga warga biasa yang datang dengan membawa berbagai bentuk bantuan. Semua bantuan telah disalurkan kepada yang berhak menerima. Bantuan dikoordinir dengan baik dan dibagi rata. “Bantuan yang diberikan semuanya bermanfaat,” ucap Kasman.

Sekedar mengingatkan, kebakaran sekitar 3 minggu lalu menghanguskan 8 rumah warga. Jika tidak dilakukan perusakan untuk menghentikan jalannya api yang semakin menjalar ke rumah warga, dikhawatirkan akan menghanguskan lebih banyak lagi rumah warga yang hangus. (vla)

Berita Lainnya

Antisipasi Musim Hujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Siapkan Perahu

BENTENG – Mengantisipasi musim hujan yang diperkirakan mulai terjadi pada November ini, Badan Penanggulangan Bencana ...

error: Content is protected !!