Selasa , 25 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Hari Ini, Buruh Demo Kantor Gubernur

Hari Ini, Buruh Demo Kantor Gubernur

BENGKULU – Sebanyak 1.200 pekerja di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) yang tergabung dalam organisasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Benteng, hari ini (26/12) akan berunjukrasa di depan Kantor Gubernur Bengkulu. Mereka menuntut agar Gubernur segera menetapkan Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang saat ini tak kunjung keluar.

Ketua SPSI Benteng, Haulan Iswadi mengatakan pihaknya akan melakukan longmarch dari Benteng menuju DPRD Provinsi Bengkulu dan Kantor Gubernur Bengkulu. “Pekerja hanya meminta kepastian UMK,” jelasnya.

Dikatakannya, waktu tahun 2018 hanya menyisakan 4 hari lagi, sementara UMK diberlakukan per Januari 2019. Jika tidak ada kenaikan UMK, hal tersebut akan memberatkan bagi para pekerja. Karena, kebutuhan hidup saat ini terus merangkak naik, sementara penghasilan mereka sebagai buruh belum ada penyesuaian.

“Paling tidak kebutuhan pokok sandang, pangan dan papan terpenuhi,” ujarnya.

Saat ini, diakui Haulan UMK Benteng berada di angka Rp 1,87 juta. Jumlah itu menurutnya tidak akan mencukupi untuk kebutuhan Hidup Layak (KHL) tahun 2019 mendatang. Apalagi, awal tahun juga berbarengan masuknya anak sekolah setelah libur panjang. Belum lagi persiapan tahun ajaran baru bagi pekerja yang telah menyekolahkan anaknya.

Haulan berharap, usulan UMK Benteng sebesar Rp 2,2 juta dapat disetujui melalui Pergub. Karena hal ini diusulkan berdasarkan survei dengan beberapa indikator kebutuhan pekerja dan keluarganya. Jika tidak ada kepastian, Haulan menyampaikan tidak akan menjamin pekerja bisa berdiam diri. Karena, hal ini menyangkut kebutuhan hajat hidup para pekerja beserta keluarganya.

“Ribuan orang akan bergantung dengan penetuan UMK,” terangnya.(vla)

Berita Lainnya

Dewan Minta Data Pasti Jumlah ASN

BENGKULU – Jelang pembahasan rancangan APBD Perubahan 2019, DPRD Kota Bengkulu mulai mempertanyakan jumlah real ...

error: Content is protected !!