Rabu , 17 Juli 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Mengunjungi Pondok Tahfidz Alquraniyah

Mengunjungi Pondok Tahfidz Alquraniyah

YUNIKE/RB
TEKUN: Santri Pondok Tahfidz Alquraniyah sedang belajar agar bisa menjadi seorang hafidz.

Lulusan Berkesempatan Raih Beasiswa Luar Negeri

Bangunan putih 3 lantai berdiri megah di kawasan pondok pesantren milik Yayasan Affan Alquraniyah (YAA). Itu adalah bangunan tempat mondok santri Tahfidz Alquraniyah, sekolah pencetak santri penghafal Alquran.

YUNIKE KAROLINA, Kota Manna

BAGI masyarakat Provinsi Bengkulu terutama warga Bengkulu Selatan (BS) tentu tidak asing lagi dengan nama YAA. Yayasan ini bergerak pada bidang pendidikan. Mulai dari TK/PAUD hingga perguruan tinggi dinaungi oleh YAA. Terbaru YAA bekerja sama dengan Pesantren Islamic Centre Wadi Mubarak (ICWM), Bogor mendirikan Pondok Tahfidz Alquraniyah, sekolah pencetak penghafal Alquran.

Sejak dibuka 4 bulan lalu untuk tahun ajaran 2018-2019, sudah ada 8 santri ditempa oleh tenaga pengajar yang didatangkan langsung dari salah satu dari 7 pondok tahfidz Alquran terbaik di Indonesia yaitu Wadi Mubarak (WM). Untuk di Kabupaten BS sendiri, pondok Tahfidz Alquraniyah merupakan cabang ke-12 dari WM, satu-satunya cabang WM di Sumatera. Belajarnya pun tidak terpaku dalam ruangan, tapi para santri bisa melakukannya di sekeliling pondok termasuk saat sedang liburan di alam terbuka.

“Alhamdulillah dalam 4 bulan, 2 santri sudah hafal 8 juz, 2 santri 6 juz, 2 santri lagi sudah 5 juz, dan 2 santri 4 juz. Insya Allah 11 bulan lagi Pondok Tahfidz Alquraniyah akan mencetak 2 hafidz,” kata Ketua Umum YAA, Abdul Mughni, kemarin (25/12).

Dari 8 santri yang lulus seleksi di WM, belum ada satupun santri berasal dari dalam Kabupaten BS sendiri selaku tuan rumah. Semuanya dari luar Kabupaten BS dan Provinsi Bengkulu. Tentunya menurut Abdul Mughni ini sangat disayangkan, sekaligus bisa menjadi peluang bagi Pemkab maupun Pemprov di Bengkulu untuk mendukung para generasi mudanya menjadi penghafal Alquran.

Kelebihan lainnya, para penghafal Alquran ini nantinya setelah lulus Pondok Tahfidz Alquraniyah berpeluang untuk mendapatkan kesempatan beasiswa dari puluhan kampus terbaik di Indonesia maupun dari kampus luar negeri. Diantaranya kampus Islam terbaik di Timur Tengah, di Mekkah. “ICWM mengusulkan seleksi tambahan untuk 4 santri lagi dari BS dan Provinsi Bengkulu. Sayangkan kalau peluang ini tidak diambil oleh pemerintah daerah kita,” imbuhnya. (**)

Berita Lainnya

Siang Bolong, Burung PNS Hilang

KOTA MANNA – Heboh, rumah Insari (50) seorang PNS warga RT 13 kelurahan Ibul Kecamatan ...

error: Content is protected !!