Rabu , 26 Juni 2019
Home / Daerah / Bengkulu Tengah / Natal, FKUB Pantau 16 Gereja

Natal, FKUB Pantau 16 Gereja

Fintah/RB
PANTAU: FKUB Benteng kemarin (25/12) melakukan pemantauan bersama untuk seluruh Gereja di Benteng dalam perayaan hari Natal

BENTENG – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng), kemarin (25/12) memantau Kebaktian Jemaat Gereja pada hari Natal umat Kristiani. Ada 16 gereja di Kabupaten Benteng yang semuanya dikunjungi oleh FKUB.

Ketua FKUB Benteng, H Wasik Salik mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk toleransi antar umat beragama. Karena, dalam FKUB terdiri dari berbagai elemen masyarakat termasuk juga unsur dari pemerintah daerah didalamnya. “Dengan kunjungan kepada umat Kristiani, gambaran bahwa saling menghormati kebebasan dalam menjalankan ibadah masing-masing,” jelas Wasik Salik.

Kepala Kesbangpol Benteng, Ayatul Mukhlisin S.sos, MM yang juga ikut dalam rombongan berharap semua pihak dapat menjaga suasana tetap kondusif. Rasa aman bagi umat Kristiani yang menjalankan ibadah di hari Natal perlu dijaga bersama. Tentunya pihak pemerintah daerah akan terus berupaya dan berkoordinasi dengan berbagai pihak, utamanya aparat keamanan agar sama-sama menjaga perayaan Natal umat Kristiani berjalan maan dan lancar.

“Ikut serta mengamankan jalannya perayaan Natal, merupakan bentuk toleransi yang baik antar umat beragama di Benteng,” ujarnya. Polri dan TNI juga ikut berkomitmen bersama-sama untuk menjaga situasi tetap kondusif. Bahkan penempatan penjagaan di seluruh gereja dilakukan secara bersama-sama oleh TNI dan Polri. Petugas bahkan sudah datang terlebih dahulu daripada jemaat gereja.

Hal ini bukti bahwa keamanan diutamakan meskipun berbeda keyakinan. Bukan hanay kemarin, namun beberapa kegiatan menjelang Natal juga sudah dilakukan penjagaan agar semua umat Kristiani merasa aman dan nyaman dalam menjalankan ibadahnya.

“Sebagai aparat keamanan negara termasuk di Benteng, Polri dan TNI sama-sama memantau dan menjaga tempat ibadah umat Krstiani dalam perayaan natal tahun 2018 ini,” demikian Kapolres BU, AKBP Ariefaldi Warganegara SH, S.IK, MM melalui Kapolsek Pondok Kelapa Iptu Budimansayah S.Sos.

Sementara itu, Pendeta Gereja Kristen Injil Indonesia (GKII) Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa, Pontas Pardede M.TH yang kemarin menerima kunjungan tim FKUB menyatakan terharu dengan dukungan dari pihak luar umat Kristiani yang sama-sama menjaga agar perayaan Natal terlaksana dengan aman dan lancar. Karena, tema dalam perayaan Natal tahun ini, juga pentingnya menjaga tolerasi antar sesama agar tercipta kedamaian.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang menyempatkan memantau ibadah dalam perayaan natal,” Pungkasnya.(vla)

Berita Lainnya

Bangun Wajah Ibukota

BENTENG – Tahun ini, Pemkab Benteng mulai mempersiapkan pembangunan wajah ibukota Kabupaten Benteng. Pembangunan ibukota ...

error: Content is protected !!