Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Lebong / Optimalkan Potensi Pertanian

Optimalkan Potensi Pertanian

LEBONG – Pemkab Lebong diminta lebih maksimal dalam mengelola potensi pertanian. Bukan hanya sekadar meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pentingnya peningkatan sektor pertanian itu juga sebagai bentuk pencegahan terjadinya inflasi di Kabupaten Lebong. ‘’Kalau dengan pengelolaan yang selama ini, saya rasa masih jauh dari maksimal,’’ ujar Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Lebong, Mahdi, S.Sos.

Saat ini, Kabupaten Lebong masih sangat bergantung dengan daerah lain hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan sayuran. Sementara tanah di Lebong sangat subur dan sangat potensial menjadi sentral budidaya sayur mayur. Selain pertanian, potensi PAD dari sektor perikanan dan peternakan juga perlu ditingkatkan.

‘’Kalau tidak segera diatasi, kelompok bahan pangan akan terus menjadi salah satu penyumbang inflasi terbesar karena Lebong harus impor,’’ ungkap Mahdi.

Dengan hasil produksi lokal yang minim, jelas memicu kenaikan harga. Tak heran harga sayuran terbilang tinggi karena kebutuhan pasar yang terus meningkat. Begitu juga dengan daging sapi dan kerbau, harganya sudah semakin tidak terjaungkau oleh rata-rata ekonomi masyarakat Lebong. ‘’Di sini peran OPD (organisasi perangtkat daerah, red) yang membidang pertanian dan peternakan diuji,’’ tukas Mahdi.

Beberapa program pemberdayaan pertanian, perikanan dan peternakan yang digalakkan selama ini, dinilainya belum berjalan efektif. Tetapi bukan berarti program itu harus dihapus. Realisasinya yang perlu dibenahi. Antara lain melakukan pendekatan kultural sehingga program yang dilaksanakan melibatkan semua pihak. ‘’Kalau tidak ada dukungan dari masyarakat bagaimana program bisa berjalan optimal,’’ tutup Mahdi.(sca)

Berita Lainnya

Jangan Tukar Aksesoris Mobnas

PELABAI – Kabid Aset, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Rizka Putra Utama, M.Si mengingatkan ...

error: Content is protected !!