Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Lebong / Pakai Tukang Tak Ahli, Pekerjaan Fisi Distop

Pakai Tukang Tak Ahli, Pekerjaan Fisi Distop

ARIS/RB
TINJAU: Bupati Lebong, H. Rosjonsyah memantau kegiatan uji sertifikasi pekerja konstruksi yang diselenggarakan Bidang Jasa Konstruksi, Dinas PUPRHub belum lama ini.

PELABAI – Mulai tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong mewajibkan seluruh pihak ketiga pelaksana kegiatan konstruksi di Kabupaten Lebong menggunakan pekerja, terutama tukang yang benar-benar ahli di bidang konstruksi. Yakni tukang yang kompetensinya sudah teruji melalui pelatihan serta mengantongi sertifikat dari Lembaga Penyedia Jasa Konstruksi (LPJK).

‘’Kalau kedapatan perusahaan menggunakan tukang yang bukan ahlinya konstruksi, jangan berkecil hati kalau pekerjaannya kami hentikan,’’ tegas Kabid Jasa Konstruksi, Dinas Pekerjaan umum Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) Kabupaten Lebong, Eldi Satria, ST.

Kebijakan itu menindaklanjuti amanah Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Kontruksi. Seharusnya kebijakan menggunakan pekerja konstruksi yang berkompeten itu sudah diberlakukan sejak tahun 2018. Namun Pemkab Lebong masih memberi toleransi lantaran minimnya pekerja konstruksi di Lebong yang mengantongi sertifikat dari LPJK.

‘’Sampai saat ini Lebong baru memiliki 29 tukang konstruksi lokal yang sudah bersertifikat melalui pelatihan sertifikasi tahun 2017 dan segera menyusul 200 pekerja yang baru saja mengikuti pelatihan sertifikasi bulan ini (Desember, red),’’ terang Eldi.

Guna mengakomodir kebutuhan pekerja konstruksi lokal yang berkompeten, tahun 2019 Bidang Jasa Konstruksi akan kembali menggelar pelatihan sertifikasi bidang konstruksi bagi 300 tukang di Lebong. Dinas PUPRHub telah mengajukan dana Rp 250 juta dalam perumusan APBD Kabupaten Lebong 2019 untuk menunjang kegiatan ini.

‘’Masing-masing pekerja konstruksi yang diwajibkan mengantongi sertifikat dari LPJK itu terbagi empat kategori. Yakni ahli batu, ahli instalasi listrik, ahli kayu dan ahli besi. Untuk pekerjaan konstruksi tahun 2019, kami dari Jasa Konstruksi akan turun ke lapangan mengecek kompetensi setiap pekerja yang dipekerjakan perusahaan rekanan pelaksana,’’ tutup Eldi.(sca)

Berita Lainnya

Dalmuji, Eddy dan Mustarani Bersaing

PELABAI – Kabar soal Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara, Mustarani Abidin, SH, M.Si calon ...

error: Content is protected !!