Selasa , 16 Juli 2019
Home / Daerah / Seluma / Peta Ulang Potensi PAD

Peta Ulang Potensi PAD

PELABAI – Mengantisipasi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD), dalam waktu dekat Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong akan melakukan pemetaan ulang potensi PAD. Dipastikan Kabid Pendapatan, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong, Rudi Hartono, SE, seluruh pos PAD yang ada di Kabupaten Lebong tidak akan luput dari pendataan. Justru itu, pihaknya akan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Tujuan pemetaan ulang ini tidak hanya untuk memastikan kebocoran PAD atas pos-pos lama yang selama ini menjadi andalan PAD Kabupaten Lebong. Sekaligus Bidang Pendapatan ingin mendata potensi PAD baru. ‘’Jangan sampai potensi-potensi PAD itu tidak memberikan manfaat terhadap pendapatan kabupaten. Apalagi kalau sampai merugikan,’’ tegas Rudi.

Sebelum melakukan pemetaan, pihaknya akan mengundang OPD terkait untuk memastikan potensi PAD yang berpotensi dikelola maksimal. Mengingat pencapaian target PAD bukan hanya menjadi tanggung jawab BKD Lebong. Namun menjadi tanggung jawab seluruh OPD di jajaran Pemkab Lebong.

‘’Misalnya PAD dari sektor galian C, nanti akan kita minta datanya dari Pemprov Bengkulu kemudian kita cek bersama-sama ke lapangan,” terang Rudi.

Termasuk potensi PAD dari sektor pariwisata yang saat ini menjadi salah satu fokus pengembangan pembangunan yang akan dilakukan Pemkab Lebong. Antara lain peninjauan PAD dari objek wisata yang sudah ditetapkan selama ini apakah masih sesuai dengan kondisi sekarang atau sebaliknya. ‘’Hasilnya akan sangat membantu Pemkab Lebong dalam menentukan kebijakan pengelolaan dan penataan beberapa objek wisata yang ada,’’ tukas Rudi.

Melalui pemetaan ulang potensi PAD, diharap target yang sudah ditetapkan dapat tercapai 100 persen. Jika memungkinkan surplus. Bukan sebaliknya, OPD berkeinginan tinggi namun tidak ada upaya untuk mencapai target itu. Artinya OPD pemungut PAD juga harus bertanggungjawab atas capaian target.(sca)

Berita Lainnya

Sapi 1,57 Ton, Dibeli Jokowi  Rp 66 Juta

SELUMA – Presiden RI  Ir. Joko Widodo, membeli seekor sapi jenis Simental milik warga RK ...

error: Content is protected !!