Kamis , 27 Juni 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Segera Rekam E-KTP

Segera Rekam E-KTP

KEPAHIANG – Kendati mengaku tidak akan mampu mencapai 100 persen target perekaman tahun 2018, namun Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kepahiang terus berusaha melakukan perekaman e-KTP kepada masyarakat yang belum melakukan perekaman.

Untuk itu Dinas Dukcapil Kepahiang mengimbau peran aktif masyarakat yang belum melakukan perekaman, agar segera melakukan perekaman ke Dinas Dukcapil. Jika hingga 31 Desember mendatang masih ada warga yang belum melakukan perekaman e-KTP, maka warga tersebut terancam tidak memiliki hak untuk mengakeses pelayanan publik.

“Kita sudah berupaya semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat melakukan perekaman. Namun minat masyarakat itu sendiri sangat minim untuk datang dan melakukan perekaman. Bahkan kita pun sudah melakukan jemput bola, tapi hasilnya juga tidak maksimal,” ungkap Kabid Pendataan Pelayanan Kependudukan Dinas Dukcapil Kepahiang, Oly Stepeu, SH.

Diungkapkan Oly, bahwa saat ini masih ada sekitar 2.365 warga yang belum melakukan perekaman e-KTP. Dari jumlah tersebut paling banyak ada di wilayah Kecamatan Kepahiang. “Target kita tahun ini ada 109.365 warga yang melakukan perekaman. Hingga saat ini hampir 98 persen sudah rampung, dan sisanya ada 2.365 yang belum melakukan perekaman,” jelasnya.

Terkait dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) akan melakukan pemblokiran akses layanan umum bagi masyarakat yang belum memiliki e-KTP, ia mengatakan untuk intruksi tersebut pihaknya masih memberikan tenggang waktu hingga akhir Desember 2018. Jika masih ada masyarakat yang belum melakukan perekaman maka, tidak menutup kemungkinan dan bisa jadi akses layanan publiknya akan diblokir.

“Ini yang menjadi perhatian, kita harap beberapa hari ke depan ini masyarakat yang belum melakukan perekaman e-KTP bisa segera melakukan perekaman, dan melengkapi adminduk lainnya,” papar Oly.(sly)

Berita Lainnya

Curat, Remaja Empat Lawang Dibekuk

KEPAHIANG – Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Kepahiang dini hari Rabu (26/6), berhasil membekuk pelaku ...

error: Content is protected !!