Wednesday , 23 January 2019
Home / Daerah / Kepahiang / Serapan Anggaran Rendah, PUPR Salahkan Kontraktor

Serapan Anggaran Rendah, PUPR Salahkan Kontraktor

KEPAHIANG – Rendahnya serapan anggaran, diklaim Kepala Dinas PUPR Kepahiang, Ir. Ismail Hakim, MM karena pihak kontraktor yang mengerjakan berbagai proyek pembangunan memilih untuk melakukan pencairan sekaligus. Menurut Ismail, persoalan rendahnya serapan anggaran bukan karena kinerja jajaran Dinas PUPR yang buruk.

“Jelas masih rendah serapan kita. Hal ini karena kontraktornya mencairkan anggaran setelah pekerjaan tuntas 100 persen. Walaupun progress pekerjaan sudah 85 persen, namun kontraktor tak kunjung mau mencairkan anggaran. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya serapan,” jelas Ismail.

Kendati demikian, Ismail yakin bahwa pihak rekanan bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan meskipun tahun 2018 akan berakhir dengan menghitung hari lagi. Hal ini diyakini Ismail lantaran di awal Desember 2018 ini progress pekerjaan yang tersisa sudah berada di angka 85 persen semua.

“Sejauh ini tidak ada kendala untuk proyek pekerjaan pembangunan. Tinggal proses pencairannya saja. Dan, kita optimis di penutupan tahun ini serapan anggaran kita akan meningkat bagus,” jelasnya.

Lebih lanjut Ismail mengatakan, seharusnya dalam rapat Teppra beberapa waktu lalu, serapan anggaran PUPR sudah di atas 85 persen. Hingga jelang akhir tahun akan bisa lebih tinggi lagi mengingat pekerjaan proyek sudah banyak selesai.

“Kecuali jalan Talang Marto – Simpang Cengkeh memang ada keterlambatan, tetapi jika tidak selesai seratus persen konsekuensinya pencairan anggaran tidak seluruh. Kita mengikuti progress pekerjaan yang tuntas,” papar Ismail.(sly)

Berita Lainnya

Perbaiki Kualitas Mutu Pendidikan

KEPAHIANG – Guna mengejar target perbaikan mutu pendidikan di Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Kepahiang, ...