Sabtu , 20 April 2019
Home / Daerah / Bengkulu Utara / Serapan Dana Desa Kurang 85 Persen

Serapan Dana Desa Kurang 85 Persen

ARGA MAKMUR – Hingga menjelang akhir tahun 2018, desa-desa di Bengkulu Utara masih mengejar target serapan Dana Desa (DD). Sejauh ini serapan DD di 215 desa di BU masih di bawah 85 persen, bahkan ada desa yang belum mengajukan pencairan dana tahap akhir.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (PMD) BU, Ir. Budi Sampurno menjelaskan dalam satu dua hari ini desa yang belum mencairkan DD tahap akhir wajib mengajukan pencairan . Termasuk desa yang sudah mencairkan dana untuk menyelesaikan pembangunan.

“Sekarang di desa-desa kejar pembangunan dan pembayaran. Bahkan pembangunan fisik juga sudah hampir selesai, meskipun serapan dana masih di bawah 85 persen,” terangnya.

Ia yakin serapan DD bisa di atas 90 persen akhir tahun nanti. Sebagian besar dana yang belum terserap hanya pembayaran honor dan kegiatan non fisik lainnya.     “Sekarang sudah berjalan pembayaran di desa. Kita minta semuanya diselesaikan, apalagi yang terkait dengan honor karena memang tinggal dibayarkan,” ujarnya.

Jika DD belum terserap hingga akhir tahun, 31 Desember tidak ada lagi aktivitas terkait DD dan harus dikembalikan ke kas sebagai Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) desa. Pekerjaan kecuali honor bisa dilanjutkan tahun depan.      “Namun honor tidak bisa dilaksanakan tahun berikutnya. Yang bisa dilakukan hanya program, itupun harus dianggarkan kembali di APBDes,” pungkas Budi.(qia)

Berita Lainnya

DD Harus Cair Sebelum Ramadan

ARGA MAKMUR – Sekda Bengkulu Utara (BU), Dr. Haryadi, MM, M.Si meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat ...

error: Content is protected !!