Senin , 25 Maret 2019
Home / Daerah / Bengkulu Selatan / Waspada Gelombang Tinggi

Waspada Gelombang Tinggi

PASAR MANNA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengingatkan masyarakat, terutama yang tinggal di pesisir pantai dan nelayan agar mewaspadai gelombang tinggi. Diprediksi gelombang tinggi masih akan berlangsung hingga hari ini (26/12).

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten BS, Arief Antony mengatakan, pascaperistiwa bencana tsunami Banten-Lampung, masyarakat terutama yang beraktivitas di pesisir pantai, termasuk nelayan diminta untuk tetap mewaspadai adanya gelombang tinggi yang terjadi di perairan Bengkulu termasuk Kabupaten BS. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) sendiri sudah melansir peringatan dini gelombang tinggi 1,25-2,5 meter diprediksi terjadi mulai 23-26 Desember.

“Untuk masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir pantai diminta untuk selalu mewaspadai gelombang tinggi ini,” kata Arief, kemarin (25/12).

Arief juga mengingatkan agar nelayan dapat menghentikan aktivitasnya sementara untuk melaut hingga peringatan dini gelombang tinggi berakhir. Lantaran memiliki resiko yang tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Bila pun terpaksa harus melaut harus tetap memperhatikan keselamatan pelayaran, seperti dengan selalu menggunakan pelampung.

“Selain mewaspadai gelombang tinggi, akhir tahun ini curah hujan juga tinggi. Harap berhati-hati terutama saat melintas di titik rawan longsor seperti di Kecamatan Ulu Manna,” demikian Arief. (key)

Berita Lainnya

Arung Jeram Terus Dikembangkan

KOTA MANNA –  Dinas pariwisata (Dispar) Kabupaten Bengkulu Selatan  telah menetapkan sungai Air Tenam  sebagai ...