Rabu , 17 Juli 2019
Home / Daerah / Lebong / 7 Desa Nihil PBB-P2

7 Desa Nihil PBB-P2

PELABAI – Hingga penghujung 2018, sebanyak 7 dari 93 desa di Kabupaten Lebong masih juga belum menyetor Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2). Namun Bidang Pendapatan, Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong masih enggan membeberkan identitas 7 desa yang progres PBB-P2 nya masih nol persen itu.

Dikatakan Kabid Pendapatan, BKD Kabupaten Lebong, Rudi Hartono, SE, identitas desa bersangkutan sengaja belum disampaikan dengan harapan masing-masing desa berinisiatif melunasi seluruh tunggakan PBB-P2 tahun ini. Terlebih dalam waktu dekat Bidang Pendapatan akan turun ke 7 desa bersangkutan guna melakukan uji petik. ‘’Soalnya kami sudah tiga kali menyurati desa bersangkutan untuk menyelesaikan tunggakan PBB-P2,’’ kata Rudi.

Dalam pelaksanaan uji petik, pihaknya tidak segan memidanakan oknum yang terbukti menggelapkan setoran PBB-P2 dari wajib pajak. Soalnya sejak awal tahun, 93 desa dan 11 kelurahan se Kabupaten Lebong diwanti menuntaskan masalah setoran PBB-P2 tahun 2018.

‘’Kami harap seluruh wajib pajak tidak menutup-nutupi fakta. Sampaikan saja ke kami kalau memang sudah menyetor PBB-P2 melalui kades,’’ tukas Rudi.

Tidak hanya untuk setoran PBB-P2 tahun 2018, tunggakan PBB-P2 tahun 2017 ke bawah juga harus dilunasi. Bahkan untuk setoran PBB-P2 tahun 2018 yang pembayarannya lewat dari 31 Oktober, setiap wajib pajak juga harus membayar denda keterlambatan sebesar 2 persen dari pokok pajak terutang. ‘’Jadi yang dibayarkan bukan hanya pokok PBB-P2 nya saja,’’ tegas Rudi.

Namun untuk realisasi secara keseluruhan, Rudi mengklaim progres PBB-P2 sudah mencapai 90 persen dari target Rp 1,4 miliar. Sekadar diketahui, hingga periode 3 Desember, 17 desa terdata masih nihil Setoran PBB-P2. Antara lain Desa Desa Tiek Teleu, Kecamatan Pelabai, Desa Semelako Atas, Kecamatan Lebong  Tengah, Desa Sukau Rajo, Desa Talang Bunut dan Desa Garut, Kecamatan Amen.

Selanjutnya Desa Karang Dapo Atas, Desa Bukit Nibung, Desa Pelabuhan Talang Leak dan Desa Talang Leak II, Kecamatan Bingin Kuning. Desa Tabeak Blau, Kecamatan Lebong Atas, Desa Tabeak Tabeak Kauk dan Desa Lemeu Pit, Kecamatan Lebong Sakti. Termasuk Desa Kota Donok    dan Desa Manai Blau, Kecamatan Lebong Selatan. Terakhir, Desa Bajok dan Desa Talang Ratu, Kecamatan Rimbo Pengadang.(sca)

Berita Lainnya

Bupati Cuti, 107 CJH Dilepas Sekda

PELABAI – Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, pelepasan 107 Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Lebong Selasa  ...

error: Content is protected !!